Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terpidana Mati Cai Changpan Kabur, Orang-orang Ini Kena Batunya

Senin, 05 Oktober 2020 – 00:08 WIB
Terpidana Mati Cai Changpan Kabur, Orang-orang Ini Kena Batunya - JPNN.COM
Ini tampang Cai Changpan yang melarikan diri dari Lapas Kelas I Tangerang. Foto: ANTARA/HO-Polda Metro Jaya

jpnn.com, JAKARTA - Lima petugas Lapas Klas I A Tangerang dinonaktifkan dari jabatannya karena insiden kaburnya terpidana mati asal Cina Cai Changpan dari sel tahanan.

Salah seorang di antaranya merupakan Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Klas I A Tangerang.

"Sementara ini, baru lima orang petugas dinonaktifkan dari jabatannya," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkum HAM Rika Aprianti, saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu (4/10).

Selain Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Klas I A Tangerang, dua orang komandan jaga yang saat itu bertugas, dan dua orang petugas jaga yang pada saat itu bertugas juga ikut dinonaktifkan.

Ia menambahkan, kelima oknum petugas Lapas tersebut kini ditempatkan sementara di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten selama dinonaktifkan dari jabatannya.

Sebelumnya diketahui, baru dua orang oknum petugas Lapas Klas I A Tangerang yang diduga terlibat dalam insiden pelarian Cai Changpan.

Keterangan tersebut diketahui dari penuturan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Mako Polda Metro Jaya, Jumat (2/10).

"Peran kedua duanya adalah memang diakui bahwa informasi dari salah satu napi juga, bahwa dia (oknum petugas Lapas) yang membantu untuk membelikan peralatan-peralatan (untuk kabur), salah satunya adalah pompa air ini," ujar Yusri.

Kaburnya terpidana mati asal Cina Cai Changpan dari sel tahanan Lapas Tangerang membuat Kemenkum HAM bertindak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close