Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terus Berikan Pendampingan, Pandawa Agri Mendorong Transformasi Pertanian

Selasa, 12 September 2023 – 11:05 WIB
Terus Berikan Pendampingan, Pandawa Agri Mendorong Transformasi Pertanian - JPNN.COM
Pertanian (Ilustrasi). Foto: Edi Suryansyah/Jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Pandawa Agri Indonesia (PAI), perusahaan pertanian berbasis life-science meluncurkan laporan dampak transformatif.

Laporan ini menyoroti dampak transformatif yang diciptakan perusahaan terhadap ekosistem petani swadaya di Mbay, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam laporan dampak ini, PAI menyajikan bukti atas dedikasinya dalam meningkatkan ekosistem petani melalui praktik pertanian yang berkelanjutan.

Perusahaan ini secara konsisten terus menjalankan komitmennya dalam meningkatkan produktivitas dan penghidupan petani, serta memperkuat ketahanan petani terhadap perubahan iklim.

“Melalui laporan ini, kami ingin menunjukkan kemajuan, pencapaian, dan pembelajaran yang kami dapatkan selama menjalankan misi kami dalam memberdayakan petani padi di NTT dan mendorong praktik pertanian berkelanjutan yang adaptif terhadap perubahan iklim,” ujar Head of Smallholders Initiative PAI, Faris Nurmianto.

Sejak 2021, lebih dari 400 petani, dengan total lahan lebih dari 340 hektar, bergabung ke dalam ekosistem PAI. Pertumbuhan substansial ini menunjukkan upaya berkelanjutan perusahaan untuk terus mendukung perkembangan petani swadaya di Mbay.

“Dengan teknologi PPAI (Pendampingan Pandawa Agri Indonesia), produktivitas petani melonjak hingga empat kali lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Jika dibandingkan dengan metode pertanian konvensional, metode pertanian kami yang berfokus pada pertanian berkelanjutan menghasilkan tingkat produktivitas 25% lebih tinggi, sehingga semakin meningkatkan stabilitas keuangan petani dan kesejahteraan mereka,” kata Faris.

Faris menambahkan, peningkatan produktivitas pertanian dan pendapatan petani juga turut diiringi dengan peningkatan kualitas lingkungan. Hal ini dibuktikan oleh petani yang melaporkan adanya peningkatan kondisi kesehatan tanah pada lahan pertanian mereka.

Pandawa Agri Indonesia (PAI) menyajikan bukti atas dedikasinya dalam meningkatkan ekosistem petani melalui praktik pertanian yang berkelanjutan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close