Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TGB Dukung Jokowi, Ustaz Abdul Somad Sudah Tahu Duluan?

Jumat, 06 Juli 2018 – 05:47 WIB
TGB Dukung Jokowi, Ustaz Abdul Somad Sudah Tahu Duluan? - JPNN.COM
Ustaz Abdul Somad (tengah). Foto: Imam Husein/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Said Salahudin menduga, Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi telah melakukan pembicaraan dengan Jokowi atau pihak lain di lingkaran Istana, sebelum menyatakan dukungan terhadap mantan Wali Kota Surakarta itu di Pilpres 2019.

"Mungkin juga dalam pertemuan mereka itu muncul gagasan untuk menduetkan Jokowi - TGB di Pilpres 2019, dan TGB setuju," ujar Said di Jakarta, Kamis (5/7).

Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) ini mendasari pandangannya berdasar fakta yang berkembang selama ini.

Antara lain, TGB merupakan salah satu tokoh yang sejak lama digadang-gadang menjadi capres maupun cawapres.

"Kelebihan TGB itu berasal dari luar Jawa. Faktor non-Jawa seringkali dianggap penting dalam penentuan figur capres atau cawapres," ucapnya.

Kelebihan lain, TGB terbukti berhasil menghimpun suara di Pilpres 2014 lalu. Kemenangan Prabowo Subianto - Hatta Rajasa mencapai 72,45 persen di NTB. Ketika itu TGB menjabat Gubernur NTB dan pendukung Prabowo - Hatta.

Perolehan suara Prabowo-Hatta di NTB merupakan tertinggi kedua setelah Sumatera Barat, dimana mengantongi 77 persen suara.

Kelebihan lain, TGB juga dipandang sebagai tokoh Islam berpengaruh yang punya banyak pendukung di seluruh Indonesia. Buktinya, tak terhitung ormas berbasis massa Islam dan para ulama terkemuka pernah menyebutnya pantas menjadi capres atau cawapres di Pilpres 2019.

Gubenur NTB TGB Zainul Majdi kemungkinan sudah bicara dengan Jokowi atau pihak Istana sebelum menyatakan sikapnya, terkait Pilpres 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close