Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tidak Ada Jaminan Koalisi Parpol Pendukung Jokowi Langgeng

Senin, 23 April 2018 – 00:45 WIB
Tidak Ada Jaminan Koalisi Parpol Pendukung Jokowi Langgeng - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto: Mohammad Amin/Radar Banjarmasin/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tidak ada jaminan koalisi partai politik pendukung Jokowi sebagai capres bisa bertahan hingga masa pendaftaran pasangan capres – cawapres di Pilpres 2019.

Koalisi parpol pendukung Jokowi bisa bubar terjadi jika ada kepentingan salah satu parpol yang tak terakomodasi.

Pengamat politik Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, mengatakan, koalisi bisa solid dan kompak jika kepentingannya terakomodir semua.

Karena itu, jika Jokowi salah memilih sosok cawapres, maka bisa saja ada parpol yang mendadak belok haluan alias hengkang.

"Koalisi ini nggak ada yang permanen ya, ini koalisi yang rasa kepentingan pragamatis. Jadi bisa saja koalisi ini kandas di tengah jalan," kata Pangi saat dihubungi JawaPos.com, Minggu (22/4).

Menurut Pangi, koalisi partai politik di Indonesia masih berbau kepentingan. Terlebih jika kepentingan tersebut tidak dapat terakomodir dengan baik. Nantinya partai politik tersebut akan mengevaluasi kalau kepentingannya tidak terpenuhi.

"Ya bisa saja ada poros ketiga, poros Jokowi, poros Prabowo. Koalisi ketiga sangat mungkin terjadi ketika kepentingan tidak mengakomodir," papar Pangi.

Kendati demikian, kriteria yang pantas untuk mendampingi Jokowi dalam Pilpres 2019, Pangi menyebut bisa datang dari militer, kader partai, tokoh agama atau profesional.

Koalisi partai politik pendukung Jokowi bisa saja bubar jika ada salah satu yang kecewa atas sosok cawapres pendamping Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close