Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tim Khusus Bawaslu Awasi Kampanye Para Calon Kada Lewat Medsos

Jumat, 04 Oktober 2024 – 18:33 WIB
Tim Khusus Bawaslu Awasi Kampanye Para Calon Kada Lewat Medsos - JPNN.COM
Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Kabupaten Garut Lamlam Masropah. (ANTARA/Feri Purnama.

jpnn.com - GARUT - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Garut, Jawa Barat, memantau seluruh proses kampanye yang dilakukan para pasangan calon kepala daerah pada Pilkada 2024.

Bawaslu Garut bahkan sampai membentuk tim khusus untuk mengawasi kegiatan kampanye, termasuk yang dilakukan lewat media sosial.

"Kami melakukannya (pengawasan di media sosial). Bawaslu Garut juga sudah membentuk Tim Fasilitasi Pengawasan Siber melalui SK Ketua Bawaslu Garut nomor 186," ujar Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kabupaten Garut Lamlam Masropah di Garut, Jumat (4/10).

Dia menuturkan jajaran Bawaslu Garut selama ini terus melakukan pengawasan dalam setiap tahapan pelaksanaan pilkada, termasuk saat ini memasuki tahapan kampanye sejak 27 September sampai nanti 23 November 2024.

Pengawasan yang dilakukan Bawaslu Garut, kata dia, berdasarkan ketentuan yang diatur dalam Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2024 tentang kampanye dan Peraturan Bawaslu Nomor 12 Tahun 2017 yang telah diubah menjadi Peraturan Bawaslu Nomor 12 Tahun 2018 tentang pengawasan kampanye pemilihan.

"Regulasi turunannya ruang lingkup pengawasan meliputi pelaksana atau pelaku yang melakukan aktivitas kampanye, jadwal kampanye, metode kampanye, dan materi kampanye," katanya.

Dia menyebutkan Bawaslu dalam fokus potensi pelanggaran saat kampanye berpedoman pada kerawanan yang dirumuskan Bawalsu RI.

Yakni, kerawanan waktu kampanye, pelaku kampanye, selama aktivitas kampanye, metode kampanye, dan keterlibatan pejabat daerah dalam pelaksanaan kampanye, dan kerawanan lainnya seperti kampanye negatif dan penyebaran hoaks.

Tim khusus Bawaslu mengawasi kampanye para calon kepala daerah, termasuk yang dilakukan lewat media sosial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA