Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Timnas AMIN Menduga Kubu Prabowo-Gibran Politisasi Kepala Desa saat Kampanye

Rabu, 17 Januari 2024 – 15:51 WIB
Timnas AMIN Menduga Kubu Prabowo-Gibran Politisasi Kepala Desa saat Kampanye - JPNN.COM
Ketua Tim Hukum Nasional Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Ari Yusuf Amir. Foto: Dokumentasi THN Anies-Muhaimin

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Tim Hukum Nasional (THN) Timnas AMIN Ari Yusuf Amir menduga pihak Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran telah mempolitisasi kepala desa saat kampanye.

Politisasi tersebut menurutnya dilakukan dengan dua pola. Pertama, pelibatan kepala desa (kades) untuk kepentingan politik paslon 02.

Salah satunya, saat Gibran Rakabuming Raka diduga bertemu dengan sejumlah kades di Maluku pada Senin (8/1) lalu.

“Patut diduga kepala desa tersebut akan mengarahkan warganya untuk mendukung paslon 02, sebagimana pertemuan desa bersatu di Jakarta dan pertemuan kepala desa di maluku yang keduanya dilakukan oleh paslon 02,” ucap Ari di Jalan Diponegoro 10, Jakarta Pusat, Rabu (17/1).

Pola selanjutnya, dengan cara krimialisasi terhadap kepala desa seperti dalam kasus dugaan penyelewengan pengelolaan dana desa.

Menurut Ari, banyak kepala desa yang sebenanrya baik, jujur, dan berbakti kepada desanya, tetapi ada kesalahan administrasi dalam pengelolaan anggaran.

“Inilah yang digunakan oleh aparat penegak hukum untuk menekan mereka dengan cara kriminalisasi agar mengikuti keinginannya mendukung salah satu paslon,” kata dia.

Kedua, cara politisasi tersebut dinilai berbahaya bagi legitimasi pemimpin yang terpilih kelak.

Tim hukum Timnas AMIN Ari Yusuf Amir menduga Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran politisasi kepala desa (kades). Ada pola kriminalisasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close