Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tiongkok Perangi Perompak Somalia

Kirim Kapal AL, Jepang Menyusul

Sabtu, 27 Desember 2008 – 05:05 WIB
Tiongkok Perangi Perompak Somalia - JPNN.COM
BEIJING/TOKYO - Berkali-kali kapalnya menjadi sasaran empuk perompak membuat pemerintah Tiongkok geram. Karena itu, kemarin (26/12) pemerintah Tiongkok mengirimkan tiga kapal Angkatan Laut (AL) ke wilayah perairan Somalia. Dalam waktu dekat, Jepang akan menyusul melakukan hal yang sama.

Dua di antara tiga kapal yang diberangkatkan itu adalah jenis penghancur. Yakni, Haikou dan Wuhan. Keduanya merupakan jenis kapal perang milik AL Tiongkok paling mutakhir. Total, ada 800 awak kapal, termasuk 70 pasukan khusus. Bahkan, salah seorang tentara mampu mengalahkan beberapa orang sekaligus dengan tangan kosong. Sebagaimana dilansir Xinhua, kapal-kapal itu bertolak dari Pulau Hainan yang berada di wilayah selatan Tiongkok.

"Kami telah mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk menghadapi para perompak. Meski demikian, perairan tersebut tetap saja masih asing bagi kami,'' ujar Laksamana Du Jingcheng, yang memimpin misi tersebut.

Menurut Du, tujuan utama mereka sebenarnya bukanlah semata untuk menyerang perompak. Tapi, sekaligus melenyapkan praktik pembajakan. Misi Somalia tersebut merupakan sebuah kesempatan bagi Tiongkok untuk berperan aktif dalam upaya perwujudan keamanan global tanpa menyinggung perasaan negara tetangganya, khususnya Jepang.

BEIJING/TOKYO - Berkali-kali kapalnya menjadi sasaran empuk perompak membuat pemerintah Tiongkok geram. Karena itu, kemarin (26/12) pemerintah Tiongkok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close