Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TKA Asal China Kembali Masuk Indonesia, Politikus PAN: Melukai Perasaan Rakyat

Kamis, 08 Juli 2021 – 10:35 WIB
TKA Asal China Kembali Masuk Indonesia, Politikus PAN: Melukai Perasaan Rakyat - JPNN.COM
Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi PAN Guspardi Gaus mengkritik pemerintah karena masih memperbolehkan tenaga kerja asing (TKA) asal China kembali masuk Indonesia melalui Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

“Masuknya 20 TKA China melalui Makassar di tengah penerapan PPKM darurat sangat tidak tepat waktunya,”  kata Guspardi, Rabu (7/7).

Dia menilai TKA asal China ini sudah berulang-ulang masuk ke Indonesia dari awal masa pandemi ini dan selalu mendapatkan kritikan dan protes dari berbagai pihak dan masyarakat luas.

Namun, pemerintah seolah abai. Terbaru video viral yang memperlihatkan 20 TKA asal China kembali melenggang masuk Indonesia melalui Bandar Udara Makassar pada Sabtu tanggal 3 Juli 2021.

Padahal, kata dia, di dalam negeri sendiri baru saja diberlakukan kebijakan PPKM darurat untuk menekan laju penularan Covid-19 yang kian mengkhawatirkan ditanah air, Ujar Guspardi, Rabu (7/7).

“Sangat disayangkan, protes dan penolakan masyarakat seakan tidak didengar oleh pemerintah. Publik merasa ada perlakuan khusus kepada TKA China ini. Wajar timbul kecurigaan dan kecemburuan dari masyarakat ada apa di balik kedatangan TKA China yang sangat tidak tepat dari segi waktu,” kata dia.

Menurut Guspardi, 20 TKA China itu baru merupakan calon TKA yang akan melakukan uji coba kemampuan dalam bekerja di proyek strategi nasional PT Huady Nickel-Alloy Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan.

“Saya mendukung apa yang disampaikan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bahwa masuknya TKA asal China saat mobilitas masyarakat dibatasi merupakan isu yang sensitif dan dapat memicu rasa tidak adil di tengah masyarakat,” ujar Guspardi.

Politikus PAN Guspardi Gaus mengkritik pemerintah karena masih memperbolehkan TKA asal China kembali masuk Indonesia melalui Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close