Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TKN Prabowo-Gibran Beber Visi, Misi, dan Program 2024-2029

Rabu, 15 November 2023 – 16:06 WIB
TKN Prabowo-Gibran Beber Visi, Misi, dan Program 2024-2029 - JPNN.COM
Pasangan Capres-Cawapres RI No. 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. Foto: Tangkapan layar akun KPU RI di YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Perkasa Roeslani mengatakan ada 8 tantangan strategis yang menjadi pertimbangan dalam menyusun visi, misi, dan program 2024-2029.

Adapun 8 tantangan strategis yang akan dihadapi bangsa Indonesia 5 tahun ke depan itu, pertama, perubahan iklim.

Rosan mengatakan, September 2023 adalah waktu terpanas dalam catatan sejarah bumi. Perubahan iklim bisa menyebabkan kekeringan dan hujan ekstrem yang menurunkan produksi pangan.

"Hal ini berpotensi meningkatkan kerawanan dan harga pangan, serta mengancam keselamatan jiwa," kata Rosan, dalam keterangannya, Rabu (15/11).

Kedua, konflik bersenjata di Ukraina dan Palestina. Konflik ini kata dia, bisa meningkatkan harga pangan dan harga energi karena mengganggu kelancaran rantai pasok global.

"Itu sudah terjadi saat ini. Harga pangan strategis seperti beras naik tajam," tutur Rosan.

Tantangan ketiga, kata Rosan, potensi konflik bersenjata di Laut Natuna Utara. Rivalitas antara dua negara adikuasa atas Taiwan, bisa mengancam kelancaran rantai pasok pangan, energi, dan perdagangan yang melewati Arus Lintas Laut Indonesia dan Laut Natuna Utara.

Keempat, pelemahan ekonomi global dan kemungkinan resesi negara-negara maju menekan laju permintaan produk ekspor Indonesia. Selain itu, meningkatkan suku bunga, sehingga memberikan tekanan pada Rupiah.

TKN Prabowo-Gibran beber 8 tantangan strategis yang menjadi pertimbangan dalam menyusun visi, misi, dan program 2024-2029.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close