Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TNI AL Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster di Wilayah Banyuwangi

Selasa, 04 Juni 2024 – 10:18 WIB
TNI AL Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster di Wilayah Banyuwangi - JPNN.COM
Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Hafidz saat konferensi pers terkait langkah prajuritnya yang berhasil menggagalkan upaya penyelundupan Benih Bening Lobster (BBL) sebanyak 9.244 ekor dan menangkap tersangka pelaku penyelundupan di wilayah Grajagan Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (2/6). Foto: Dispenal

jpnn.com, BANYUWANGI - TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini tim Satgas Second Fleet Quick Renponse (SFQR) Lanal Banyuwangi berhasil menggagalkan upaya penyelundupan Benih Bening Lobster (BBL) sebanyak 9.244 ekor dan menangkap tersangka pelaku penyelundupan di wilayah Grajagan Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (2/6).

Anggota tim Satgas menangkap tersangka pelaku berawal saat memantau adanya kegiatan yang mencurigakan di salah satu rumah warga di Grajagan.

Selanjutnya, penangkapan dilakukan setelah yakin bahwa ada benih lobster yang akan diselundupkan ke luar wilayah Banyuwangi.

Dengan cepat tim Satgas mengambil langkah pencegahan dengan melakukan penyergapan terhadap tersangka pelaku sebelum keluar wilayah Banyuwangi.

Akhirnya dua orang tersangka pelaku berinisial HS (46 tahun) dan MS (63 tahun) yang membawa barang bukti benih lobster jenis pasir sebanyak 9.244 ekor yang dikemas ke dalam 46 kantong plastik menggunakan mobil sedan warna hitam, berhasil diamankan.

Tersangka pelaku HS dan MS merupakan kurir yang bertugas mengantarkan barang kepada seseorang dengan inisial IR alias DO.

Sebenarnya upaya memancing penerima barang (IR) sudah dilakukan. Namun, IR tidak muncul sehingga HS dan MS tersangka pelaku dan barang bukti langsung dibawa ke Mako Lanal Banyuwangi untuk ditindaklanjuti.

Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Hafidz pada Konferensi Pers, Senin (3/6) menyampaikan salah satu tugas Satgas ini adalah memantau setiap kegiatan penangkapan benih lobster di wilayah kerja Lanal Banyuwangi, khususnya di perairan wilayah selatan antara lain Grajagan, Rajegwesi, Pancer sampai dengan Puger Jember.

Prajurit TNI AL dalam hal ini tim SFQR Lanal Banyuwangi menggagalkan penyelundupan Benih Bening Lobster (BBL) sebanyak 9.244 ekor di Grajagan Banyuwangi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close