Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TNI AL Menggagalkan Penyelundupan Benih Bening Lobster di Kulonrpogo

Minggu, 16 Juni 2024 – 13:23 WIB
TNI AL Menggagalkan Penyelundupan Benih Bening Lobster di Kulonrpogo - JPNN.COM
Komandan Lanal Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Dr. Devi Erlita saat konferensi pers terkait keberhasilan personelnya menggagalkan upaya penyelundupan Benih Bening Lobster (BBL) di Karangwuni Kulonprogo, Yogyakarta pada Kamis (13/6). Foto: Dispenal

jpnn.com, YOGYAKARTA - Personel TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Tim Second Fleet Quick Response (SFQR) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta berhasil menggagalkan upaya penyelundupan Benih Bening Lobster (BBL) di Karangwuni Kulonprogo, Yogyakarta pada Kamis (13/6).

Komandan Lanal Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Dr. Devi Erlita menyampaikan kronologi kejadian berawal saat tim melaksanakan pemantauan dan pengendapan di sekitar Pantai Karangwuni Kulonprogo.

“Saat itu terpantau beberapa perahu nelayan yang tengah melaut dengan sasaran tangkap adalah jenis BBL,” ujar Kolonel Laut Devi Erlita saat konferensi pers di Mako Lanal Yogyakarta.

Setelah itu, kata dia, didapati para nelayan tersebut kembali ke pantai dan menurunkan hasil tangkapan BBL ketempat penampungan sementara untuk selanjutnya dibawa ke lokasi penampungan/pengepul.

Tim segera menuju ke lokasi penampungan/pengepul yaitu dirumah Bapak HS alias N untuk melaksanakan penangkapan.

Selanjutnya tim melakukan koordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi DI Yogyakarta dan DKP Kabupaten Kulonprogo guna penanganan terhadap barang bukti BBL lebih lanjut.

Adapun barang bukti yang diamankan antara lain BBL campuran jenis pasir dan mutiara sejumlah 5.605 ekor beserta tiga orang tersangka dengan inisial HS alias N sebagai pengepul, Al, dan SK sebagai nelayan sekaligus pencari dan pengepul BBL dari para nelayan.

Saat ini ketiga pelaku beserta barang bukti telah diamankan ke Mako Lanal Yogyakarta untuk pemeriksaan lebih lanjut oleh TNI AL bersama DKP DIY dan PSDKP Cilacap wilayah kerja Yogyakarta.

Personel TNI AL dalam hal ini Tim Second Fleet Quick Response (SFQR) Lanal Yogyakarta berhasil menggagalkan upaya penyelundupan benih bening lobster.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close