Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TP-Link Fasilitasi Jaringan Internet Bagi Pengungsi Merapi

Rabu, 23 Desember 2020 – 11:13 WIB
TP-Link Fasilitasi Jaringan Internet Bagi Pengungsi Merapi - JPNN.COM
Perangkat Tp-Link di barak pengungsian. Foto: Tp-Link

jpnn.com, JAKARTA - TP-Link membantu penyediaan jaringan internet bagi pengungsi bencana erupsi Gunung Merapi di Sleman, Yogyakarta.

Perangkat TP Link CPE610 dan CPE110 dibangun di Posko pengungsian yang posisinya jauh dari perkotaan dan tidak terjangkau sinyal operator data seluler untuk mengakses internet.

Bantuan tersebut disalurkan melalui Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Pengurus Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (APJII Pengwil DIY), dan atas petunjuk Dinas Kominfo Pemerintah Kabupaten Sleman dalam penentuan lokasi, jaringan dan akses internet tersebut.

Saat ini telah akses internet tersedia secara gratis di barak Glagaharjo, Gayam, Kepuharjo, Wukirsari dan Brayut.

“Akses Internet tersebut sangat diperlukan bagi posko kebencanaan pemerintah, sukarelawan, dan para pengungsi terutama para siswa pelajar yang sedang melakukan proses belajar secara online karena pandemi Covid 19,” kata Ketua APJII Pengurus Wilayah Yogyakarta Tigor Jonson Purba, dalam siaran pers, Rabu (23/12).

Dalam pemasangan jaringan internet tersebut, beberapa barak menggunakan TP-  Link CPE610 dan CPE110 sebagai backhaul dan akses point dengan hasil yang baik. Backbone internet disediakan oleh APJII DIY dengan kapasitas internet 80Mbps di Balai Desa Glagaharjo, kemudian dari sana disalurkan ke barak pengungsian di desa-desa sekitarnya.

Dengan kondisi alam yang berbukit dan pepohonan juga hampir selalu diguyur hujan lebat di lereng Merapi outdoor unit CPE610 dapat menghantarkan bandwidth internet hingga 15Mbps untuk satu barak.

CPE110 juga dapat dengan mudah diakses di barak pengungsian yang terdiri dari tenda penampungan, dan gedung dengan bilik-bilik tersekat yang didiami masing-masing keluarga pengungsi.

TP-Link membantu penyediaan jaringan internet bagi pengungsi bencana erupsi Gunung Merapi di Sleman, Yogyakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close