Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TPDI Sarankan KPK Cekal Kaesang dan Istrinya, Ini Alasannya

Rabu, 04 September 2024 – 17:03 WIB
TPDI Sarankan KPK Cekal Kaesang dan Istrinya, Ini Alasannya - JPNN.COM
Koordinator TPDI Petrus Selestinus. Foto: Friederich Batari/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) Petrus Selestinus SH menilai upaya KPK untuk memanggil Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono guna mengklarifikasi dugaan tindak pidana korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) berupa gratifikasi penggunaan Privat Jet Gulfstream G650ER masih menghadapi kendala.

Alasannya, KPK hingga saat ini belum mengetahui keberadaan putra bungsu Presiden Jokowi tersebut dan sang istri.

"KPK sendiri bingung tentang keberadaan Kaesang dan istrinya saat ini, apakah sudah kembali ke Indonesia atau belum?" ujar Petrus dalam keterangan resmi yang diterima redaksi, Rabu (4/9/2024).

Petrus menyebut nama Kaesang dan Erina masih terus menjadi perbincangan publik, bahkan menjadi "trending topic" di platform X Indonesia, Selasa (3/9/2024), setelah namanya disebut-sebut akan dipanggil dan dicari-cari KPK.

Ia berkata KPK tidak boleh membiarkan Kaesang dan Erina hingga Gibran Rakabuming Raka dihakimi oleh publik lantaran perilaku dugaan KKN terhadap putra dan menantu Presiden Jokowi itu.

"KPK juga tidak boleh membiarkan institusinya dihakimi oleh publik dan media massa lewat trial by the press. Karena itu KPK harus bekerja cepat, transaparan dan akuntabel serta penuh itikad baik dalam tugas utamanya," tegas Petrus.

Menurut Petrus, tidak adanya kejelasan keberadaan Kaesang dan Erina ketika hendak diklarifikasi KPK membuat masyarakat berinisiatif bikin poster pasangan tersebut dengan keterangan missing persons.

Menurut Koordinator Pergerakan Advokat (Perekat) Nusantara itu, meski KPK telah menyiapkan surat panggilan klarifikasi untuk Kaesang, tetapi hingga kini belum diumumkan oleh KPK kapan akan dikirim dan ke alamat mana, dan untuk pemeriksaan klarifikasi tanggal berapa.

KPK sendiri bingung tentang keberadaan Kaesang dan istrinya saat ini, apakah sudah kembali ke Indonesia atau belum?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA