Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Transformasi BUMN Dinilai Sebagai Pilar Fundamental Perekonomian Nasional

Kamis, 13 Juni 2024 – 11:55 WIB
Transformasi BUMN Dinilai Sebagai Pilar Fundamental Perekonomian Nasional - JPNN.COM
Gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ekonom Senior Fauzi Ichsan mengungkap peran vital BUMN dalam menopang perekonomian nasional.

Menurut Fauzi, di tengah keterbatasan moneter dan amunisi fiskal, peran investasi BUMN serta swasta begitu vital dalam menopang pertumbuhan ekonomi.

Investasi BUMN menjadi pilar utama di samping konsumsi domestik. Investasi BUMN-swasta dan belanja domestik yang dinilai Fauzi menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi saat ini.

"Untuk memastikan konsumsi domestik tidak sendirian membantu belanja Pemerintah dalam pertumbuhan ekonomi, investasi, baik swasta maupun BUMN harus ditingkatkan bukan saja levelnya, namun juga produktivitas atau efektivitasnya dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi," ujar Fauzi dalam keterangannya, Rabu (12/6/2024).

Sebagai salah satu pilar utama, investasi BUMN mesti produktif dan efektif.

Fauzi menilai BUMN telah mendorong peningkatan organisasi yang lebih produktif dan efektif lewat sejumlah transformasi yang dilakukan dalam lima tahun terakhir.

Sebagai contoh bagaimana BUMN melakukan transformasi besar-besaran di bawah Kepemimpinan Kementrian BUMN. Transformasi dilakukan secara masih dalam menyelesaikan sejumlah persoalan pelik.

"Momentum transformasi ekonomi, khususnya di sektor BUMN, terpicu lagi dengan adanya krisis pandemi Covid di 2020. Intinya, dalam 4 tahun terakhir, transformasi dan restrukturisasi di sektor BUMN telah berhasil," ujar Fauzi.

Di tengah keterbatasan moneter dan amunisi fiskal, peran investasi BUMN serta swasta begitu vital dalam menopang pertumbuhan perekonomian nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close