Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Traveling ke Bangka? Ciciplah Lempah Kuning Atok Kulop

Minggu, 11 Desember 2016 – 05:50 WIB
Traveling ke Bangka? Ciciplah Lempah Kuning Atok Kulop - JPNN.COM
Kafe dan resto Umah Ubi Atok Kulop di Citraland Botanical City, Pangkalpinang, Bangka Belitung. Foto: Babel Pos/JPG

jpnn.com - PANGKALPINANG - Ada tempat menongkrong yang sedang nge-hits di Pangkalpinang, ibu kota Provinsi Bangka Belitung (Babel). Lokasinya di Citraland Botanical City.

Ada sebuah kafe dan resto bernama Umah Ubi Atok Kulop yang sudah beroperasi sejak awal November lalu. Menu andalannya adalah lempah kuning khas Bangka.

Salah satu pengelola Umah Ubi Atok Kulop adalah Ahmadi Sofyan yang dikenal sebagai pemerhati masalah sosial politik di Babel. “Sajiannya aneka masakan lempah kuning rampai ubi ala orang kebun di Pulau Bangka,” ujarnya seperti dikutip dari Babel Pos (Jawa Pos Group)

Sesuai namanya, umah ubi berarti menyuguhkan beragam makanan dari ubi. Lempah kuning, ikan asin, tumis jantung pisang, bahkan ikan gabus pun dipadu dengan rampai ubi.

Tapi, Umah Ubi Atok Kulop tidak hanya menyediakan makanan berat. Kopi dan beragam camilan pun jadi sajian pelengkap.

Pilihan nama Atok Kulop juga punya sejarah tersendiri. Nama itu berasal dari Hikayat Atok Kulop, sebuah tulisan rutin Ahmadi di rubrik budaya Babel Pos.

“Kulop sebuah nama yang dulu begitu populer di kalangan masyarakat kampung di Pulau Bangka. Sebuah panggilan kesayangan untuk anak kecil berjenis kelamin laki-laki,” tutur Ahmadi.

Jika sudah tua, maka pemilik nama Kulop dipanggil dengan sebutan Atok Kulop. Tapi kini, nama Kulop sudah jarang terdengar di Bangka.

PANGKALPINANG - Ada tempat menongkrong yang sedang nge-hits di Pangkalpinang, ibu kota Provinsi Bangka Belitung (Babel). Lokasinya di Citraland Botanical

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close