Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tudingan Pemerintah Seperti Orba Dinilai tak Berdasar

Sabtu, 02 Desember 2023 – 03:50 WIB
Tudingan Pemerintah Seperti Orba Dinilai tak Berdasar - JPNN.COM
Survei Charta Politika Indonesia terbaru mengungkap tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gibran Center, Fathul Nugroho menilai tudingan sejumlah pihak yang menyebut pemerintahan saat ini seperti orde baru (orba) dan berbuat kezaliman tidak berdasar.

Pasalnya menurut Fathul, apa yang dilakukan pemerintahan Presiden Joko Widodo selama ini jauh dari cerminan orba.

Menurutnya, pemerintah justru menjalankan demokrasi sesuai aturan main yang berlaku.

"Jika ada yang menuding pemerintahan saat ini seperti orba itu sangat tidak berdasar, apalagi dikaitkan dengan pasangan capres cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Apa bukti bahwa pemerintahan saat ini seperti orba? Sebab tidak ada tindakan represif dan pembungkaman terhadap masyarakat dan pers yang bersuara kritis," ujar Fathul.

Selain itu, yang paling mudah diingat dari zaman orba adalah pembungkaman politik, bahkan saat itu terjadi pada pers. Namun, kondisi beberapa tahun belakangan ini tidak demikian.

"Saat ini, semua bebas bersuara. Bebas menyatakan pendapatnya, bahkan banyak yang mengkritik pemerintah dengan keras. Hal semacam ini justru dianggap jamu oleh Presiden Jokowi. Meski terasa pahit, tapi menyehatkan," kata Fathul.

Selain itu, iklim demokrasi Indonesia juga semakin dewasa. Tercermin dari pelaksanaan pemilu yang menjadikan rakyat sebagai kedaulatan utama.

Rakyat secara langsung bisa memilih presiden, wakil presiden, anggota DPR/DPRD, dan kepala daerah.

Apa yang dilakukan pemerintahan Presiden Joko Widodo selama ini jauh dari cerminan orba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close