Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ubah Wajah Pertanian, Pemprov Jabar Gulirkan Program Petani Milenial

Rabu, 09 Desember 2020 – 14:53 WIB
Ubah Wajah Pertanian, Pemprov Jabar Gulirkan Program Petani Milenial - JPNN.COM
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. Foto: ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar

jpnn.com, BANDUNG - Pemprov Jawa Barat menggagas Petani Milenial. Melalui program ini, diharapkan dapat mengubah wajah pertanian menjadi segar agar generasi milenial tertarik menjadi petani.

Pemanfaatan teknologi pun dilakukan. Hal ini juga yang kemudian menjadi salah satu tema bahasan dalam West Java Food And Agriculture Summit (WJFAS) 2020 yang didukung bank bjb pada Kamis (10/12).

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (Distanhor) Jabar Dadan Hidayat mengatakan, Petani Milenial digagas Pemprov Jabar untuk meregenerasi petani di Jabar. Selain itu, Petani Milenial harus adaptif terhadap perubahan, dan menguasai teknologi digital.

”Saat ini, perlu regenerasi petani. Perubahan tantangan di sektor pertanian semakin berat. Perlu pelaku utama yang adaptif terhadap perubahan, teknologi semakin maju, dan globalisasi,” kata Dadan.

”Tujuan dari Petani Milenial adalah meingkatkan produktivitas, produksi pertanian, meningkatkan pendapatan dan ekspor, menumbuhkan generasi mudah untuk menjadi petani, dan menciptakan pertanian maju, mandiri, dan modern,” imbuhnya.

Dadan menjelaskan, dalam program Petani Milenial, lahan milik Pemprov Jabar yang tidak terpakai dapat dimanfaatkan petani muda dengan sistem pinjam pakai atau bentuk kerja sama lainnya. Setiap petani muda dapat memanfaatkan minimal satu hektare lahan.

Komoditas yang ditanam pun disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan kondisi lahan. Hal itu dilakukan agar komoditas hasil petani muda dapat terserap pasar atau bahkan masuk pasar global. Pemprov Jabar akan mencari offtaker, baik domestik maupun ekspor.

Dengan begitu, kata dia, petani muda dapat berkolaborasi dengan offtaker mengenai komoditas apa yang mesti dihasilkan.

Melalui program Petani Milenial, diharapkan dapat mengubah wajah pertanian menjadi segar agar generasi milenial tertarik menjadi petani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close