Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

UGM Dukung Kementan Perkuat Disertifikasi Pangan Lokal

Senin, 29 Juni 2020 – 19:40 WIB
UGM Dukung Kementan Perkuat Disertifikasi Pangan Lokal - JPNN.COM
Universitas Gadjah Mada (UGM). Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM) Eni Harmayani mendukung diversifikasi pangan lokal yang digelorakan Kementerian Pertanian (Kementan) di masa pandemi Covid 19.

Menurut Eni, panganan lokal sangat bagus diterapkan karena diproduksi dan dikembangkan masyarakatnya sesuai dengan potensi sumber daya wilayah dan budaya setempatnya.

Terlebih Indonesia merupakan negara yang dikaruniai pangan lokal berlimpah.

"Kita perlu mengidentifikasi dan memberikan inovasi bagi pangan lokal yang memiliki dampak besar bagi ketahanan pangan nasional," ujar Eni dalam webminar nasional pangan di era new nomal, Senin, (29/6).

Meski begitu, Eni berharap Kementan terus memperhatikan sustainable food, di mana tujuan utamanya bukan pada sisi pengembangan saja. Melainkan pangan yang diproduksi, diproses dan diperdagangkan dengan memasukan beberapa aspek.

"Kita harus melihat apakah pangan tersebut berkontribusi pada perekonomian lokal dan kesejahteraan yang berkesinambungan," terang Eni.

Makanya, Eni mengatakan semua pihak harus turut terlibat, terutama dalam melakukan proteksi keanekarahaman tumbuhan dan hewan, serta mencegah kepunahan sumber daya alam dan berkontribusi dalam perbaikan iklim.

"Yang terakhir, pangan lokal juga harus memberikan manfaat sosial, seperti produk pangan yang berkualitas, aman dan sehat serta mampu menjadi media edukasi," katanya.

Dekan UGM berharap Kementan terus memperhatikan sustainable food, di mana tujuan utamanya bukan pada sisi pengembangan saja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close