Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Uji Klinis Vaksin COVID-19 Dipastikan Sangat Aman

Minggu, 22 November 2020 – 13:34 WIB
Uji Klinis Vaksin COVID-19 Dipastikan Sangat Aman - JPNN.COM
Fasilitas produksi vaksin COVID-19 di Bio Farma, Bandung, Selasa (4/8). Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto

jpnn.com, JAKARTA - Uji klinis vaksin COVID-19 tahap 3 yang sedang dilakukan di Bandung, Jawa Barat merupakan tahap akhir.

Apabila berhasil, maka vaksin tersebut sudah bisa digunakan masyarakat Indonesia dan bisa diperjualbelikan.

Hal ini disampaikan Kusnadi Rusmil Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Universitas Padjajaran dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) bertajuk 'Menjawab Keraguan Soal Vaksin' yang digelar secara virtual oleh Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Kusnadi menjelaskan uji klinis tahap 3 ini dilakukan secara multi center. Pada tahap 1 dan 2 yang telah dilakukan di Wuhan, Tiongkok dari segi keamanan hingga saat ini tidak terjadi hal-hal yang merugikan.

Karena itu, dia meminta agar masyarakat tidak perlu takut akan vaksin Covid-19.

“Karena sudah mengenal imunisasi dan sudah dilakukan sedari dulu di Puskesmas maupun Posyandu. Seperti penyakit difteri, penyakit pertusis sudah sangat jarang di Indonesia. Vaksin Covid-19 ini juga dilakukan hal yang sama,” kata Kusnadi.

Tidak hanya dilakukan di Indonesia, vaksin COVID-19 juga dilakukan di beberapa negara. Pada tahap 1, lanjut Kusnadi vaksin diuji pada 125 orang, kemudian 600 orang.

Namun sebelum dilakukan tahap 1, ada tahap yang dinamakan Pre Clinical Trial yang diuji pada tumbuh-tumbuhan, yang hasilnya tumbuhan tersebut tidak rusak.

loading...