Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ukraina Vacuum of Power

Presiden Terguling, Posisi Tak Jelas

Senin, 24 Februari 2014 – 05:05 WIB
Ukraina Vacuum of Power - JPNN.COM

jpnn.com - KIEV - Kedudukan Presiden Ukraina Viktor Yanukovych akhirnya terguling. Keberadaan dan legitimasi pemerintahannya tidak jelas. Pemimpin oposisi Yulia Tymoshenko dibebaskan dari penjara dan kembali Kiev dan berpidato di depan ribuan pengikutnya. Ukraina mengalami kekosongan kekuasaan.

Merespons situasi terakhir, parlemen menunjuk ketuanya, Oleksandr Turchinov, untuk menggantikan peran Yanukovych. Keputusan itu diambil setelah para wakil rakyat tersebut memutuskan untuk melengserkan presiden pada Sabtu (22/2) waktu setempat. Parlemen juga menyita rumah mewah Yanukovych di pinggiran Kiev.

Kemarin (23/2) parlemen kembali mengeluarkan keputusan strategis. Kumpulan wakil rakyat itu diberi waktu tiga hari untuk membentuk pemerintahan. Batas waktunya adalah Selasa (25/2).

Bahkan, sebuah pesawat yang ditumpangi Yanukovych dilarang terbang pada Sabtu malam (22/2) dari Donetsk. Kota di timur Ukraina itu adalah basis pendukung sang presiden terguling. Kemarin pagi juru bicara kepresidenan menyatakan tidak mengetahui keberadaan Yanukovych.

Dalam tiga hari terakhir, parlemen Ukraina bertindak sendiri dengan mengambil keputusan untuk menyelesaikan krisis di negara Eropa Timur tersebut. Sejumlah keputusan krusial dikeluarkan pada Jumat (21/2). Voting di majelis rendah memutuskan untuk kembali ke konstitusi yang berlaku 10 tahun lalu yang memberikan kekuatan lebih besar kepada parlemen.

Yanukovych menolak mengesahkan keputusan tersebut. Dia menegaskan bahwa parlemen telah bertindak secara ilegal. Namun, parlemen tetap bergeming. Hingga pada Sabtu, Ukraina mencatat sejarah baru. Kekuasaan presiden yang menjadi simbol pro-Rusia itu jatuh. Pelaksanaan pemilu juga dipercepat menjadi 25 Mei.

Selang beberapa jam kemudian, Yulia Tymoshenko yang dihukum 30 bulan penjara dibebaskan. Di atas kursi roda pink, perempuan berambut pirang yang menjadi perhatian dunia setelah memimpin Revolusi Oranye pada 2004 itu berpidato dengan sangat emosional.

Di hadapan 50 ribu pendukungnya di Alun-Alun Kemerdekaan, dia menyatakan penghormatan kepada 82 korban tewas sepanjang demonstrasi anti pemerintah berlangsung.

KIEV - Kedudukan Presiden Ukraina Viktor Yanukovych akhirnya terguling. Keberadaan dan legitimasi pemerintahannya tidak jelas. Pemimpin oposisi Yulia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA