Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ungkap Kasus Kelas Kakap, Kejaksaan Agung Raih Public Trust Tinggi

Rabu, 15 Mei 2024 – 20:16 WIB
Ungkap Kasus Kelas Kakap, Kejaksaan Agung Raih Public Trust Tinggi - JPNN.COM
Ilustrasi Kejaksaan Agung. Foto: ANTARA: Asprilla Dwi Adha

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti Utama Polling Institute Kennedy Muslim menilai meningkatnya kepercayaan publik atau public trust terhadap kejaksaan karena berhasil membongkar kasus korupsi kelas kakap di tanah air. 

Misalnya, kata Kennedy, dugaan korupsi tata niaga timah. 

"Kalau kita lihat, memang tren kejaksaan ini naik cukup kencang dari bulan September (2023) seiring dengan banyaknya penanganan kasus-kasus korupsi raksasa yang ditangani oleh kejaksaan," katanya saat memaparkan hasil survei Polling Institute secara daring, Rabu (15/5).

Adapun, kepercayaan publik (public trust) terhadap kejaksaan relatif stabil di angka 75 persen, sehingga menjadi lembaga penegak hukum yang paling dipercaya masyarakat.

Bahkan, berdasarkan hasil survei Polling Institute akhir April 2024 dibandingkan dengan periode sebelumnya, terutama September 2023, mengalami peningkatan signifikan dari 57 persen.

Terpisah, pakar hukum pidana Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Suparji Achmad mengatakan pemberitaan media tentang performa tiga lembaga penegak hukum di Indonesia ini menjadi salah satu faktor meningkatnya kepercayaan publik.

"Saya kira tidak lepas dari penangan kasus-kasus besar, yang kemudian menarik pemberitaan masyarakat. Maka, bisa dicek saja bagaimana indeks pemberitaan di media antara kejaksaan, kepolisian, KPK. Pemberitaan yang positif, ya," ulasnya.

"Jadi, ini dipengaruhi penanganan kasus-kasus besar, kasus-kasus yang 'seksi', dan juga tidak lepas dari transparansi, keterbukaan atau pemberitaan bagaimana kerajinan atau kesungguhan dari memublikasi setiap perkembangan kasus," sambungnya.

Peneliti Utama Polling Institute Kennedy Muslim menilai meningkatnya public trust terhadap kejaksaan karena berhasil membongkar kasus korupsi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close