Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Vaksin Corona Tiba, Disiplin Protokol Kesehatan Tetap Harus Berjalan

Senin, 07 Desember 2020 – 15:08 WIB
Vaksin Corona Tiba, Disiplin Protokol Kesehatan Tetap Harus Berjalan - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah memastikan 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 dari Sinovac, Tiongkok, yang tiba di Indonesia, Minggu (6/12) malam sudah memenuhi kriteria sesuai standar kesehatan dan aman bagi pengguna.

Bamsoet, panggilan akrabnya, juga meminta seluruh masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) secara disiplin meskipun vaksin Covid-19 sudah masuk ke Indonesia.

"Karena perlu diingat bahwa vaksin bukan untuk mengobati sepenuhnya dari Covid-19, melainkan untuk mencegah diri terpapar oleh virus corona," kata Bamsoet, Senin (7/12).

Mantan ketua DPR itu mendorong pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk memeriksa keamanan vaksin tersebut. "Sehingga nantinya akan aman jika didistribusikan kepada masyarakat," tegasnya.

Legislator Partai Golkar itu mendorong pemerintah segera memetakan perencanaan pemberian vaksinasi kepada masyarakat dan menyampaikan sosialisasi, baik melalui media siar dan media sosial.

"Sehingga masyarakat mendapat kepastian dan tidak bingung apakah dirinya akan mendapatkan vaksin atau tidak, dikarenakan pemberian vaksin dengan jumlah dosis yang terbatas ini harus diberikan kepada kelompok masyarakat prioritas terlebih dahulu," katanya.

Lebih jauh Bamsoet pemerintah menjelaskan dan menyosialisasikan biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan vaksin.

Selain itu, kata Bamsoet, penting pula  menyampaikan harapan agar vaksin dapat diberikan secara gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Masyarakat harus tetap menjalankan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) secara disiplin meskipun vaksin corona sudah masuk ke Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close