Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Vaksinasi Berjalan Lancar, Optimistis Indonesia Bisa Mencapai Herd Immunity

Minggu, 28 Maret 2021 – 06:18 WIB
Vaksinasi Berjalan Lancar, Optimistis Indonesia Bisa Mencapai Herd Immunity - JPNN.COM
Vaksin Sinovac disimpan di Bio Farma Bandung Foto: ANTARA/HO-Biro Pers Setpres

jpnn.com, JAKARTA - PT Bio Farma optimistis Indonesia bisa mencapai target herd immunity atau kekebalan kelompok di 2021. Bio Farma meyakini itu setelah memastikan stok dosis vaksin Covid-19 terus bertambah.

Bio Farma baru saja menerima bahan baku vaksin Covid-19 sebanyak 16 juta dosis dari Sinovac pada Kamis, 25 Maret 2021. Saat ini Indonesia memiliki total bahan baku vaksin sebanyak 53,5 juta dosis.

Oleh karena itu, Juru Bicara Bio Farma Bambang Heriyanto mengatakan pihaknya yakin proses vaksinasi akan berjalan lancar jika stok terpenuhi.

"Kami optimistis bisa menyelesaikan target vaksinasi untuk mencapai herd immunity dalam waktu satu tahun," kata Bambang.

Dia menjelaskan Bio Farma sudah memproses bahan baku vaksin sejak 13 Januari 2021. Stok bahan baku yang ada menghasilkan kurang lebih 43 juta dosis vaksin Covid-19 dalam bentuk produk jadi.

Sebagian produk jadi vaksin Covid-19 sudah didistribusikan hampir 17 juta dosis. Jumlah itu belum termasuk vaksin jadi Coronovac sebanyak 3 juta dan sudah didistribusikan untuk tenaga kesehatan. Kemudian, ada tambahan 1.1 juta dosis vaksin AstraZeneca.

Terkait pengembangan vaksin Merah putih, Bambang menuturkan masih dalam proses riset dasar di Laboratorium Eijkman dan belum bisa diserahkan pada industri.

"Untuk dapat dikembangkan di industri, seed atau bibit untuk kandidat vaksin harus memenuhi kriteria industri agar dapat dilakukan scale up," ujar Bambang. (flo/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Sebagian produk jadi vaksin Covid-19 sudah didistribusikan hampir 17 juta dosis dan diharapkan bisa mencapai herd immunity.

Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close