Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Virus Corona Menggila, 4 Juta Karyawan di Prancis Mendadak Jadi Pengangguran Parsial

Jumat, 03 April 2020 – 12:19 WIB
Virus Corona Menggila, 4 Juta Karyawan di Prancis Mendadak Jadi Pengangguran Parsial - JPNN.COM
Aktivitas di pabrik Sandouvile - Renault, Prancis. Foto: Renault Group

jpnn.com, PARIS - Wabah virus corona membuat sekitar empat juta buruh di Prancis masuk skema pengangguran parsial yang ditetapkan pemerintah.

"Kini satu dari lima karyawan yang bekerja di perusahaan atau asosiasi di Prancis menjadi penganggur parsial," kata Menteri Ketenagakerjaan Prancis Muriel Penicaud kepada radio setempat, Kamis (2/4).

Skema pengangguran parsial atau teknis mewajibkan perusahaan mengurangi durasi pekan kerja atau penutupan sementara seluruh atau sebagian aktivitas.

Di bawah skema tersebut, perusahaan membayar sebagian besar gaji karyawan yang menjalani cuti sementara. Negara kemudian akan mengganti secara penuh gaji dengan nominal hingga 4,5 kali upah minimum.

Selama merebaknya wabah virus corona, pemerintah Prancis mengaktifkan prosedur yang dipercepat bagi perusahaan untuk memfasilitasi skema pengangguran parsial.

Menurut perkiraan media Prancis, pemerintah kemungkinan harus mengucurkan dana simpanan negara sebesar miliaran euro demi mendukung mekanisme yang bertujuan untuk menghindari pemecatan ini. (xinhua/ant/dil/jpnn)

Wabah virus corona membuat sekitar empat juta buruh di Prancis masuk skema pengangguran parsial yang ditetapkan pemerintah.

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close