Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Virus Penyebab COVID-19 Bisa Bertahan Sampai Satu Bulan di Permukaan Benda

Rabu, 14 Oktober 2020 – 05:03 WIB
Virus Penyebab COVID-19 Bisa Bertahan Sampai Satu Bulan di Permukaan Benda - JPNN.COM
Virus juga diuji ketahanannya di atas uang kertas oleh lembaga penelitian Australia. (Supplied: CSIRO)

Virus corona yang menyebabkan penyakit COVID-19 dapat bertahan hingga 28 hari di atas permukaan benda seperti telepon genggam dan mesin ATM, lebih lama dari yang diperkirakan.

Kesimpulan ini ditemukan lembaga penelitian Australia CSIRO setelah mengetes seberapa lama virus SARS-CoV-2 bisa bertahan di atas kapas, kertas, besi tahan karat, kaca, dan vinil.

Direktur Pusat Persiapan Penyakit Australia (ACDP) Trevor Drew mengatakan kelompok penelitiannya menggunakan jumlah virus yang sama dengan yang ditemukan dalam diri penderita COVID-19.

"Penting untuk mengetahui seberapa lama virus ini bertahan, sehingga kita tahu seberapa sering harus melakukan desinfeksi barang dan risiko umum apa yang ditimbulkannya," kata Profesor Drew.

Ia mengatakan fakta terbaru bahwa virus dapat bertahan sangat lama di permukaan benda yang terbuat dari kaca penting untuk diketahui.

Hasil tersebut dipublikasikan kemarin (12/10) dalam 'Virology Journal' atau Jurnal Ilmu Pengetahuan Virus.

"Perangkat layar sentuh seperti telepon genggam, kartu ATM bank, layar mesin kasir layanan sendiri di supermarket, dan kios 'check-in' adalah permukaan yang sering disentuh, mungkin jarang dibersihkan, dan menimbulkan risiko penularan," kata Profesor Drew.

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa virus yang menyebabkan COVID-19 dapat bertahan di aerosol hingga tiga jam lamanya dan di permukaan dari plastik dan besi tahan karat hingga tiga hari.

Virus corona yang menyebabkan penyakit COVID-19 dapat bertahan hingga 28 hari di atas permukaan benda seperti telepon genggam dan mesin ATM, lebih lama dari yang diperkirakan

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close