Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Volkswagen Kembangkan Robot Otonom Pengisi Daya Mobil Listrik

Minggu, 29 Desember 2019 – 08:50 WIB
Volkswagen Kembangkan Robot Otonom Pengisi Daya Mobil Listrik - JPNN.COM
Ilustrasi robot otonom pengisi daya mobil listrik besutan Volkswagen. Foto: Volkswagen

jpnn.com - Memahami celah kekurangan terkait infrastruktur pengisian daya mobil listrik, Volkswagen mengembangkan solusi baru yakni robot otonom pengisi daya yang terhubung ke ponsel melalui aplikasi khusus, V2X.

Melalui robot otonom pengisi daya itu, Volkswagen ingin menjawab tantangan dari keterbatasan infrastruktur stasiun pengisi daya, biaya membangun stasiun, kemacetan saat antre, dan memangkas waktu.

Melalui robot otonom pengisian daya bisa langsung diaktifkan hanya melalui ponsel. Ketika sudah diaktifkan, robot pengisi daya akan memulai seluruh proses pengisian secara mandiri, tanpa campur tangan (interaksi) manusia lagi.

“Robot pengisian daya melalui ponsel akan memicu revolusi dalam hal pengisian daya di berbagai fasilitas parkir, seperti tempat parkir multistorey, ruang parkir, dan tempat parkir bawah tanah. Karena kami membawa infrastruktur pengisian daya ke mobil dan bukan sebaliknya. Dengan ini, kami membuat hampir setiap infrastruktur tempat parkir mobil listrik, tanpa tindakan individu yang rumit," kata Kepala Pengembangan di Volkswagen Group Components, Mark Möller.

Selain dilengkapi dengan teknologi V2X, robot ini dilengkapi dengan berbagai kamera, pemindai laser dan sensor ultrasonik untuk mendukung fungsi otonomnya. 

Volkswagen Kembangkan Robot Otonom Pengisi Daya Mobil Listrik

Dalam operasi, robot bergerak membawa trailer dalam bentuk perangkat penyimpanan energi (disebut gerbong baterai) ke kendaraan, dan menghubungkannya ke kendaraan secara mandiri.

Perangkat tetap dengan kendaraan selama seluruh proses pengisian, sementara robot bebas untuk melayani kendaraan lain yang membutuhkan pengisian.

loading...