Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waduh, Sidoarjo Masuk Wilayah Potensi Puting Beliung

Minggu, 25 November 2018 – 10:56 WIB
Waduh, Sidoarjo Masuk Wilayah Potensi Puting Beliung - JPNN.COM
Ilustrasi. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SIDOARJO - Upaya Pemkab Sidoarjo membantu warganya yang terkena bencana puting beliung terus dilakukan. Salah satunya dengan memberikan bahan material bagi warga yang terkena dampak di delapan desa di Kecamatan Tulangan. Pemkab berharap rekonstruksi rumah rusak bisa cepat tuntas. Di sisi lain, DPRD berharap ke depan alokasi anggaran untuk musibah diperbesar.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Sidoarjo Dwidjo Prawito, pembenahan rumah rusak di Kecamatan Tulangan terus dikerjakan. Setiap hari tim BPBD dengan dibantu para relawan mengirim bahan material ke desa-desa terdampak. ''Namun, jumlahnya memang belum banyak,'' terangnya kemarin.

Dwidjo berharap organisasi masyarakat (ormas) atau pihak ketiga juga ikut membantu pemulihan kondisi di Kecamatan Tulangan. Bantuan bisa langsung diserahkan ke posko di Desa Kajeksan.

Khusus rumah rusak berat, lanjut dia, pihaknya masih melakukan telaah. Saat ini ada empat rumah yang masuk kategori rusak parah. Yakni, dua rumah di Desa Kajeksan dan dua rumah di Desa Kemantren. Untuk mempercepat verifikasi, BPBD menggandeng dinas pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR). ''Agar lebih detail,'' jelasnya.

Total ribuan rumah rusak. Baik ringan maupun berat. November tahun lalu, misalnya. Angin kencang menerjang tiga desa di Kecamatan Waru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close