Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wahabi Rusia Itu Kerap Dikaitkan Kasus Bom

Hasil Investigasi Tersangka Peledakan Bandara Domodedovo

Sabtu, 29 Januari 2011 – 16:18 WIB
Wahabi Rusia Itu Kerap Dikaitkan Kasus Bom - JPNN.COM
MOSKOW - Investigasi atas ledakan bom di Bandara Internasional Domodedovo yang menewaskan 35 orang berlanjut. Kepolisian Moskow makin serius dalam menyelidiki latar belakang Vitaly Razdobudko, tersangka peledakan. Kemarin (28/1) media Rusia menyebutkan, lelaki 32 tahun tersebut merupakan mualaf yang direkrut kelompok militan Nogaisky Dzhamaat (Brigade Nogai).

Berdasar penyelidikan awal, diketahui Razdobudko menghilang dari tempat tinggalnya sejak November lalu. Dia meninggalkan apartemennya di wilayah selatan Kota Pyatigorsk, Stavropol Region, bersama istri dan anaknya yang baru lahir. "Lelaki yang oleh media dijuluki Wahabi Rusia itu lenyap sekitar dua bulan setelah diinterogasi soal ledakan di Pyatigorsk Agustus lalu," kata seorang investigator.

Laporan lain menyatakan bahwa Razdobudko memeluk Islam atas bimbingan seorang imam beretnis Rusia. Konon, dia menjadi mualaf saat masih tercatat sebagai mahasiswa di sebuah kampus teknik. "Dia masuk Islam secara resmi dengan disaksikan oleh ulama Anton Stepanenko yang merupakan imam di Pyatigorsk," terang Agence France-Presse, mengutip laporan tertulis yang dipublikasikan kemarin itu.

Stepanenko yang memiliki nama Islam Abdullah tersebut dikenal sebagai ulama aliran Wahabi di Pyatigorsk. Pada 2006, dia berurusan dengan polisi saat didapati menyandera seorang lelaki. Stepanenko pun sempat dijebloskan ke penjara. Ketika merazia kediamannya, polisi menemukan beberapa literatur Wahabi serta cakram audio dan audiovisual yang berisi panduan membuat bom.

MOSKOW - Investigasi atas ledakan bom di Bandara Internasional Domodedovo yang menewaskan 35 orang berlanjut. Kepolisian Moskow makin serius dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close