Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wahai Pak Jokowi dan Pak Prabowo, Dengarlah Saran dari Karyono

Rabu, 26 Juni 2019 – 22:59 WIB
Wahai Pak Jokowi dan Pak Prabowo, Dengarlah Saran dari Karyono - JPNN.COM
PA GMNI menggelar diskusi publik di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (26/6). Foto; Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menyarankan Prabowo Subianto dan Joko Widodo bertemu untuk menyejukkan ketegangan dan kegaduhan.

Menurutnya, pertemuan Prabowo dan Jokowi itu juga sekaligus menunjukkan kenegarawanan dalam menyikapi apa pun keputusan hakim MK.

"Sikap kenegarawanan kedua tokoh ini harus bertemu. Saya yakin jika ini terjadi bisa meredam gejolak. Kalau ada pihak-pihak yang mendorong untuk melakukan gejolak itu mungkin saja dilakukan yang menunggangi yang bersengketa," kata dia dalam diskusi publik bertajuk "Dinamika Sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi: Saatnya Menerima Hasil" di Sekretariat PA GMNI di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (26/6).

Mahkamah Konstitusi, akan membacakan putusan sengketa pilpres 2019, Kamis (27/6). Terhadap hal tersebut, baik pihak termohon, pemohon dan pihak terkait diminta legawa menerima apapun putusan Mahkamah Konstitusi.

Menurut Karyono, Indonesia sebagai negara hukum dituntut untuk menyelesaikan segala persoalan, termasuk sengketa perselisihan proses dan hasil pemilu diselesaikan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

"Oleh sebab itu, semua pihak harus menghormati dan taat pada peraturan hukum perundang-undangan. Sebab inilah wujud nyata dari demokrasi. Demokrasi harus ada aturan. Kalau tidak ada aturan maka akan terjadi tirani. Begitu juga dengan pilpres , sudah ada aturannya. Dalam hal sengketa hasil pemilu, maka muaranya adalah Mahkamah Konstitusi," ujarnya.

BACA JUGA: Orator Massa Aksi Kawal MK: Besok Datang Lagi, Bawa Rekan Lainnya, Jangan Sampai Menyesal

Di acara yang sama, Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengaku tidak mempersoalkan majunya jadwal pengumuman putusan sengketa Pilpres. Hal itu juga pernah dilakukan KPU saat mengumumkan hasil rekapitulasi suara nasional Pemilu 3019.

Prabowo dan Jokowi punya kesempatan menunjukkan kenegarawanan dalam menyikapi apa pun keputusan hakim MK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close