Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Wamen LHK Tinjau Perkembangan Program RHL di Kalsel

Kamis, 11 Maret 2021 – 21:30 WIB
Wamen LHK Tinjau Perkembangan Program RHL di Kalsel - JPNN.COM
Wamen LHK Alue Dohong saat kunjungan kerja ke Kalsel, Rabu (10/3). Foto: humas KLHK

jpnn.com, MARTAPURA - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) Alue Dohong meninjau perkembangan sejumlah program rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) di sela-sela kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (10/3).

Wamen Alue mengunjungi lokasi RHL Tahun 2019 di wilayah kerja BPDASHL Barito di Kabupaten Tanah Laut.

Pada lokasi seluas 949 hektar tersebut, dibagi menjadi 4 blok dengan pola intensif, masing-masing 1.100 pohon, yang ditanami jenis karet, kemiri, jengkol, durian, dll.

Dia menekankan keberhasilan pemulihan lingkungan juga dipengaruhi oleh kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitarnya.

Salah satu contohnya yaitu pengelolaan lingkungan hidup di Pondok Pesantren Darul Hijrah Cindai Alus Martapura, Kabupaten Banjar.

Melalui bantuan dari KLHK, mulai tahun 2019 dibangun sarana MCK, Biodigester, dan IPAL domestik dengan kapasitas untuk 800 jiwa.

Pada tahun 2020 KLHK melanjutkan pembangunan MCK dan IPAL domestik dengan kapasitas 800 jiwa lagi. Kemudian pembangunan ekoriparian sebagai upaya penataan lingkungan di sempadan sungai kawasan Pondok Pesantren Darul Hijrah.

Biogas yang dihasilkan oleh biodigester digunakan sebagai substitusi bahan bakar untuk memasak di Pondok Pesantren tersebut.