Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wamenag Minta Madrasah dan Pesantren Beradaptasi dengan Pandemi

Rabu, 12 Agustus 2020 – 19:33 WIB
Wamenag Minta Madrasah dan Pesantren Beradaptasi dengan Pandemi - JPNN.COM
Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi saat mengunjungi madrasah dan pesantren. Foto Humas Kemenag

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi meminta semua lembaga pendidikan harus beradaptasi dan berdamai dengan Pandemi COVID-19. Langkah ini menjadi keputusan terbaik, karena pandemi COVID-19 belum tahu sampai kapan akan berakhir.

“Di tengah adaptasi kebiasaan baru ini, pendidikan madrasah dan pesantren pun dituntut untuk mampu berkreasi dan produktif agar tidak tertinggal oleh dinamika keadaan yang berjalan serba cepat,” kata Zainut saat mengunjungi Madrasah Tsnawiyah (MTs) Negeri 1 Semarang, di Jalan Fatmawati Ketileng Semarang, Rabu (12/8).

Wamenag memotivasi madrasah dan pesantren untuk produktif, optimistis, dan semangat mencari keberkahan dari musibah COVID-19.

“Kita harus mampu mengambil manfaat dari musibah COVID-19 dengan menciptakan inovasi dan kreativitas baru. Salah satu bentuk manfaat yang dapat kita petik dari COVID-19 adalah percepatan migrasi pembelajaran dari sistem konvensional ke digital sebagai jawaban yang tepat,” ujarnya.

Menurut Zainut, pembelajaran secara virtual dan alternatif tatap muka saat ini dinilai sebagai proses inovasi, agar pembelajaran tidak berhenti.

Inovasi virtual juga mewabah di tengah masyarakat. Pengajian emak-emak pun marak memakai zoom. Tukang sayur juga menawarkan dagangan dengan online. Para ustaz marak mengisi pengajian dengan virtual.

"Semua elemen masyarakat dipaksa harus beradaptasi dengan kenormalan baru, kalau tidak ingin ketinggalan," ucapnya.

Selain mengunjungi madrasah MTs Negeri Semarang dan MAN 1 Kendal, Wamemag juga mengunjungi beberapa pondok pesantren antara lain Ponpes As-Salaf Bulakamba Brebes, Ponpes Al Anwar Pagiyanten Tegal, Al Hikmah I dan II Benda Sirampog, Bumiayu, Brebes.

Wamenag meminta madrasah dan pesantren harus mencari keberkahan dari musibah pandemi COVID-19

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close