Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wamenaker Tegaskan Komitmen Indonesia Dukung Migrasi Aman di Konferensi Internasional

Senin, 10 Juni 2024 – 22:50 WIB
Wamenaker Tegaskan Komitmen Indonesia Dukung Migrasi Aman di Konferensi Internasional - JPNN.COM
Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor (kiri) saat hadir dalam Konferensi Internasional Kedua tentang Regulasi Rekrutmen Internasional yang diselenggarakan IOM di Jenewa, Senin (10/6). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JENEWA - Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor menyampaikan komitmen kuat Indonesia untuk meningkatkan tata kelola migrasi internasional yang aman dan teratur dalam Konferensi Internasional Kedua tentang Regulasi Rekrutmen Internasional.

Konferensi yang diselenggarakan International Organization for Migration (IOM) di Jenewa ini menjadi forum penting bagi negara-negara anggota untuk berbagi pengalaman dan merumuskan kebijakan yang lebih efektif dalam menangani isu-isu migrasi global.

Wamenaker Afriansyah Noor dalam sambutannya mengatakan Indonesia sebagai anggota Global Compact for Safe, Orderly, and Regular Migration (GCM) berkomitmen untuk mendukung upaya global dalam meningkatkan tata kelola migrasi internasional.

"Indonesia berkomitmen untuk memperkuat kebijakan di tingkat nasional, regional, dan global yang mendukung migrasi aman dan teratur," kata Wamenaker Afriansyah Noor, Jenewa, Senin (10/6).

Wamenaker Afriansyah juga memaparkan berbagai langkah konkret yang telah diambil pemerintah Indonesia.

Di tingkat nasional, Indonesia telah membentuk layanan rekrutmen terintegrasi yang bertujuan mengurangi biaya migrasi dan mencegah praktik penyelundupan manusia serta perdagangan manusia.

"Layanan ini memfasilitasi proses dan tata kelola yang lebih baik efisien dan aman bagi para pekerja migran," jelasnya.

Indonesia juga telah menginisiasi program Desa Migran Produktif (Desmigratif), yang merupakan kolaborasi antara pemerintah daerah, komunitas lokal, organisasi masyarakat sipil, dan donor.

Ini yang disampaikan Wamenaker Afriansyah dalam Konferensi Internasional Kedua yang diselenggarakan IOM di Jenewa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close