Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wamendag: Nilai Ekspor Surplus, Terbesar Dalam 15 Tahun Terakhir

Kamis, 27 Oktober 2022 – 19:48 WIB
Wamendag: Nilai Ekspor Surplus, Terbesar Dalam 15 Tahun Terakhir - JPNN.COM
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga (2 dari kiri) menyebut surplus ekspor Indonesia beberapa bulan terakhir merupakan yang terbesara dalam 15 tahun terakhir. Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan neraca perdagangan Indonesia periode Januari-September 2022, surplus.

Neraca perdagangan Januari-September 2022 surplus sebesar USD 39,87 miliar atau tumbuh 58,83 persen.

"Dengan data ini kami ingin menepis pemberitaan yang menyatakan impor Indonesia lebih besar."

"Itu sama sekali tidak benar, faktanya pencapaian nilai ekspor Indonesia telah surplus, yang tercatat sebagai yang terbesar selama 15 tahun terakhir," ujar Jerry dalam keterangannya, Kamis (27/10).

Pandangan tersebut sebelumnya jug dikemukakan Jerry saat menjadi pembicara utama di kuliah umum Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Kristen Indonesia (UKI) di Jakarta, Selasa (25/10).

Menurut Jerry, surplusnya nilai ekspor merupakan pencapaian luar biasa Kabinat Indonesia Maju di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Ini bukan hanya kerja keras Kemendag, tetapi juga kerja dan peran aktif serta kontribusi positif para pelaku usaha, lintas kementerian dan pelaku UMKM," ucapnya.

Politikus Golkar ini lebih lanjut mengatakan ada beberapa komponen yang membuat ekspor Indonesia surplus. Di antaranya produk ekspor industri sebesar 68,4 persen.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyebut nilai ekspor surplus, terbesar dalam 15 tahun terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close