Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wamendes PDTT Ajak Anak Muda Ikut Aktif Membangun Desa

Kamis, 12 Maret 2020 – 22:47 WIB
Wamendes PDTT Ajak Anak Muda Ikut Aktif Membangun Desa - JPNN.COM
Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi saat berdialog dengan warga di Desa Wineru, Kecamatan Likupang Timur, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis (12/3). Foto: Kemendes PDTT

jpnn.com, MINAHASA UTARA - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi mengatakan keterlibatan anak muda menjadi salah satu kunci utama kemajuan desa. Menurutnya, tak jarang anak muda di desa miliki ide dan inovasi di luar kelaziman.

Saat berdialog dengan warga di Desa Wineru, Kecamatan Likupang Timur, Minahasa Utara tersebut dia mengajak para anak muda untuk mencintai dan turut aktif membangun desa.

“Setiap ke desa saya selalu tanya ada pemuda enggak? Karena desa yang maju, rata-rata penggeraknya itu pemuda. Oleh karena itu anak muda di Desa Wineru harus berani dan terlibat aktif. Kuliah di kota, selesai kuliah pulang ke desa, kerja di desa, bangun desa," ujarnya, Kamis (12/3).

Budi Arie mengatakan, Desa Wineru merupakan salah satu Desa Maju dari 197 Desa Maju di Sulawesi Utara. Adapun total jumlah desa di Sulawesi Utara berjumlah 1.507 desa.

Desa Wineru sendiri tengah mengembangkan potensi ekonomi di bidang pariwisata, yakni Pantai Surabaya. Ia berharap, pengembangan pariwisata Pantai Surabaya di Desa Wineru akan mengangkat desa tersebut menjadi desa mandiri.

"Dari 1.507 desa di Sulawesi Utara belum ada satupun. Desa yang berstatus mandiri. Saya sudah tantang gubernur dan bupati di Sulawesi Utara agar tahun depan paling tidak 150 desa yang berstatus mandiri," ujarnya.

Di samping itu ia mengatakan, Likupang merupakan salah satu kawasan ekonomi khusus pariwisata selain Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, dan Borobudur. Ia mengingatkan warga agar memanfaatkan kesempatan tersebut untuk meningkatkan produktifitas ekonomi.

"Jadi warganya harus siap semua. Warga jangan jadi penonton, harus aktif, harus ada pemberdayaan. BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) harus dilibatkan, masyarakat berproduksi," ujarnya.(ikl/jpnn)

Saat berdialog dengan warga di Desa Wineru, Kecamatan Likupang Timur, Minahasa Utara, Wamendes PDTT mengajak para anak muda untuk mencintai dan turut aktif membangun desa.

Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close