Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wapres Minta Moda Transportasi Jangkau Seluruh Lapisan Masyarakat, Terapkan Teknologi

Jumat, 06 September 2024 – 20:08 WIB
Wapres Minta Moda Transportasi Jangkau Seluruh Lapisan Masyarakat, Terapkan Teknologi - JPNN.COM
Wapres Ma'ruf Amin menghadiri Hub Space 2024. Foto source for JPNN

jpnn.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memaparkan sejumlah capaian pembangunan untuk mendukung konektivitas di Indonesia selama 10 tahun terakhir dalam Hub Space 2024. Kemenhub telah membangun ratusan pelabuhan, puluhan bandara dan rel kereta api ganda. 

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, menteri perhubungan dari masa ke masa, para kepala daerah, dan pihak lainnya yang berkaitan dengan dunia transportasi.

"Pak Wapres, Hub Space merupakan kegiatan yang bertujuan menyampaikan capaian sektor transportasi dan apresiasi terhadap pihak-pihak yang berkontribusi besar terhadap kepentingan-kepentingan transportasi,” kata Budi Karya, Jumat (6/9).

Selama ini Kemenhub membangun 45 Proyek Strategis Nasional (PSN), 193 pembangunan rehabilitasi pelabuhan-pelabuhan yang di ujung Utara Indonesia, ujung Selatan, ujung Barat, Timur. Juga 91 bandara dan membangun lebih dari  25 bandara, membangun 157 terminal-terminal di seluruh Indonesia dan 80 program kereta api. 

“Pelayanan kereta api meningkat karena kita membangun rel ganda, membangun rel double-double trek di sekitar Jabodetabek," ucapnya.

Hal itu membuat jarak tempuh antar daerah menjadi lebih cepat. Sehingga mobilitas warga pun terbantu. Sehingga, di satu sisi Jakarta-Surabaya yang tadinya 10 jam sekarang menjadi 8 jam, Jakarta-Solo yang tadinya 8 jam sekarang 6 jam. 

"Ini menjadi kecenderungan masyarakat menggunakan moda transportasi kereta api sebagai alternatif,” ungkapnya. 

Capaian Kemenhub tidak hanya sebatas itu saja. Dia menyebutkan, Kemenhub turut mengajak pemerintah daerah untuk bersama menghadirkan transportasi yang terjangkau, nyaman, dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat.

Wapres Ma'ruf Amin minta moda transportasi jangkau seluruh lapisan masyarakat dan menerapkan teknologi. Ini tujuannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA