Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Warga Afsel 'Lari' ke Negeri Tetangga

Minggu, 30 Mei 2010 – 04:14 WIB
Warga Afsel 'Lari' ke Negeri Tetangga - JPNN.COM
YANG ANTUSIAS - Meski banyak warga Afsel sendiri "kabur" ke luar negeri, sejumlah besar orang mulai meramaikan taman-taman di Tshwane/Pretoria, seiring mendekatnya penyelenggaraan ajang PD 2010. Foto: LOC/FIFA.com.
HARARE - Pondokan dan hotel-hotel bertarif menengah sampai rendah di Zimbabwe menerima lonjakan jumlah pengunjung selama Juni hingga Juli. Awalnya fenomena itu dianggap wajar, karena sepanjang bulan itu Piala Dunia (PD) 2010 memang sedang dihelat di negara tetangga mereka, Afsel. Dugaan sementara, tentunya mereka adalah suporter sepakbola yang menyempatkan diri berlibur ke Zimbabwe.

Ternyata, dugaan itu salah! Ratusan turis yang sudah booking hotel itu bukan berasal dari negara-negara peserta PD, melainkan dari Afsel sendiri. Masa tinggalnya pun cukup lama, bisa lebih dari sepekan. Itu sebabnya mereka memilih pondokan dan hotel yang tarifnya tidak terlalu tinggi. Fenomena yang sama dialami negara tetangga Afsel yang lain, yakni Bostwana, Mozambik dan Swaziland.

Lantas, kenapa orang Afsel sendiri berencana liburan ke luar negeri ketika negara mereka tengah punya hajatan besar? Justru itulah sebabnya. Mereka bukan penggemar sepakbola, dan tidak peduli apa yang terjadi pada Bafana Bafana - sebutan timnas Afsel - sehingga tidak merasa perlu nonton pertandingannya secara langsung.

Mereka juga merasa terganggu dengan aliran pengunjung yang luar biasa sepanjang perhelatan PD. Bisa dibayangkan, jalan-jalan penuh dengan lautan fans yang tengah merayakan kemenangan, turis bertebaran di mana-mana, serta memenuhi semua transportasi publik. Daripada mengomel saat menghadapi perubahan drastis itu, lebih baik mereka "mengungsi" ke negara tetangga.

HARARE - Pondokan dan hotel-hotel bertarif menengah sampai rendah di Zimbabwe menerima lonjakan jumlah pengunjung selama Juni hingga Juli. Awalnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA