Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waspada Klaster Keluarga setelah Lebaran, Ganjar: Rumah Sakit Saya Minta Bersiap-siap

Senin, 17 Mei 2021 – 16:04 WIB
Waspada Klaster Keluarga setelah Lebaran, Ganjar: Rumah Sakit Saya Minta Bersiap-siap - JPNN.COM
Ganjar saat menghadiri halalbihalal virtual di lingkungan Pemprov Jateng dan Forkopimda di Gedung Gradhika Bhakti Praja. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta kepada masyarakat agar mewaspadai potensi munculnya klaster keluarga pascalebaran.

"Masyarakat harus siaga di keluarga, jangan sepelekan. Ini perlu menjadi perhatian semua agar tetap menjaga prokes karena potensi penambahan ada," kata Ganjar saat menghadiri halalbihalal virtual di lingkungan Pemprov Jateng dan Forkopimda di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Senin (17/5).

Dia menegaskan semua prosedur untuk menekan penyebaran Covid-19 terus dilakukan seperti rapid test antigen pada arus balik.

Begitu juga dengan penyiapan tempat isolasi, baik isolasi mandiri maupun ruang isolasi terpusat dan ICU di rumah sakit. Penyiagaan tersebut dilakukan selama 14 hari ke depan.

"Tempat isolasi dan rumah sakit saya minta untuk stand by," ungkapnya.

Ganjar menjelaskan evaluasi sementara terkait arus mudik dan balik Idulfitri 1442 H secara keseluruhan menyebutkan bahwa pemudik yang datang, baik menggunakan izin dan prosedur yang benar maupun yang menerobos, jumlahnya berkurang dibandingkan tahun lalu.

Pada 2020 jumlah pemudik yang menerobos mencapai sekitar 1 jutaan. Kemudian pada tahun ini sekitar 600 ribuan. Hal ini tentu terlaksana atas banyaknya masyarakat yang taat untuk tidak mudik.

"Tentu saja arus balik ini juga menjadi catatan kita agar semua dalam kontrol yang ketat karena tidak hanya soal kemacetan, keamanan, tetapi juga kesehatan. Maka di beberapa titik tetap dilakukan pengetesan acak khususnya rapid test antigen," sambungnya.

Gubernur Ganjar Pranowo meminta warga Jateng agar mewaspadai potensi munculnya klaster keluarga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close