Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waspadai Wabah PMK, Pameran Pertanian Terbesar Australia Larang Masuk Pengunjung yang Baru Tiba dari Indonesia

Selasa, 09 Agustus 2022 – 22:59 WIB
Waspadai Wabah PMK, Pameran Pertanian Terbesar Australia Larang Masuk Pengunjung yang Baru Tiba dari Indonesia - JPNN.COM
Penumpang pesawat yang datang dari Indonesia saat ini menghadapi tindakan biosekuriti yang ketat di Australia. (Supplied: Perth Airport)

Pameran pertanian terbesar Australia akan melarang kehadiran pengunjung yang baru saja tiba dari Indonesia di tengah kekhawatiran penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak.

Pameran bertajuk AgQuip yang digelar pekan depan di Gunnedah, New South Wales (NSW), akan menampilkan produk-produk dan jasa pertanian, termasuk teknologi dan inovasi baru dan biasanya menarik ribuan peserta dari seluruh Australia.

Namun tahun ini, siapa pun yang telah mengunjungi Indonesia paling lama tujuh hari sebelumnya akan ditolak masuk ke arena pameran.

Menurut Kate Nugent, penyelenggara pameran dari ACM Rural Events, larangan tersebut berlaku untuk pengunjung dan semua pemangku kepentingan lainnya.

"Mereka ini mencakup peserta pameran, kontraktor, subkontraktor, dan agen-agen kita," tegasnya.

"Kita perlu berusaha keras untuk menciptakan kesadaran seperti itu," tambah Kate.

Ia mengatakan Departemen Industri Primer NSW telah memberikan saran tentang cara mengurangi risiko penyebaran wabah PMK dalam pameran kali ini.

Sejumlah peternak, kata Kate, bahkan memutuskan untuk tidak membawa ternak mereka tahun ini karena meningkatnya kekhawatiran tentang PMK.

Pameran pertanian terbesar Australia akan melarang kehadiran pengunjung yang baru saja tiba dari Indonesia di tengah kekhawatiran penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku pada ternak

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close