Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wilayah Kodam Cenderawasih Berkategori Merah Terkait Pemilu 2024

Rabu, 11 Oktober 2023 – 10:20 WIB
Wilayah Kodam Cenderawasih Berkategori Merah Terkait Pemilu 2024 - JPNN.COM
Kepala Kelompok Staf Ahli (kapoksahli) Kodam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Ahmad Fauzi Foto: ANTARA/Evarukdijati

jpnn.com, JAYAPURA - Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapoksahli) Kodam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Ahmad Fauzi mengakui wilayah Kodam XVII/Cenderawasih masuk dalam kategori merah terkait Pemilu 2024.

“Memang hampir semua wilayah merah kecuali yang berada di Provinsi Papua Selatan yang masuk kategori kuning,” kata Brigjen Ahmad dalam paparannya di hadapan peserta safari pemilu TNI-Polri, Pemda dan penyelenggaraan pemilu 2024 di Merauke, Provinsi Papua Selatan, Selasa (10/10).

Dia menjelaskan penyebab berbagai wilayah di jajaran Kodam XVII/Cenderawasih masuk kategori merah karena beberapa faktor di antaranya politik uang, kampanye hitam, netralitas ASN, dan aparat keamanan, masalah DPT, independensi dan profesionalitas penyelenggara serta kondisi geografis dan jalur distribusi.

“Selain itu juga soal kerawanan yang disebabkan keberadaan dan aksi gangguan keamanan yang dilakukan KKB,” kata Brigjen TNI Ahmad Fauzi

Menurut dia, dengan masuk kategori merah maka menjadi atensi semua pihak, sehingga perlu ditangani dengan maksimal.

Sinergisitas semua pihak harus terwujud sehingga apa yang dikhawatirkan tidak terjadi dan pemilu di Tanah Papua berlangsung dengan aman.

"Mudah-mudahan melalui sinergisitas TNI-Polri yang didukung semua pihak maka pelaksanaan pemilu serentak 2024 berlangsung aman tidak saja di Papua Selatan tetapi juga di seluruh Tanah Papua, " kata Brigjen TNI Ahmad Fauzi.

Safari pemilu yang dipimpin Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri diawali di Nabire, ibukota Provinsi Papua Tengah, Wamena Papua Pegunungan dan kemudian Merauke, Papua Selatan.

Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapoksahli) Kodam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Ahmad Fauzi mengakui wilayahmasuk dalam kategori merah terkait Pemilu 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close