Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

World Bank Kasih Bocoran Ancaman Terbesar Pertumbuhan Ekonomi, Indonesia Waspada, Ya!

Senin, 14 November 2022 – 06:06 WIB
World Bank Kasih Bocoran Ancaman Terbesar Pertumbuhan Ekonomi, Indonesia Waspada, Ya! - JPNN.COM
Direktur Pelaksana Pengembangan Kebijakan dan Kerja Sama World Bank Mari Elka Pangestu membeberkan ancaman terbesar petumbuhan ekonomi. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Pelaksana Pengembangan Kebijakan dan Kerja Sama World Bank Mari Elka Pangestu membeberkan ancaman terbesar petumbuhan ekonomi.

Mari menyebut ancaman itu adalah krisis perubahan iklim karena sulit dibenahi, bahkan tidak akan hilang.

“Perubahan iklim adalah salah satu ancaman terbesar bagi pembangunan dan pertumbuhan, tidak akan hilang. Anda tidak dapat membalikkannya dan itu (perubahan iklim) hanya akan menjadi lebih buruk,” katanya dalam Tri Hita Karana (THK) Blended Finance Presidensi G20 Indonesia di Nusa Dua, Bali, Minggu (13/11).

Mari mengatakan perubahan iklim menimpa seluruh lapisan masyarakat baik di negara miskin, berkembang maupun maju.

Dia menjelaskan, ketika perubahan iklim menimpa negara-negara termiskin dan rentan, maka mereka tidak ada pilihan untuk tidak melakukan tindakan atau upaya mitigasi.

"Apabila krisis perubahan iklim tidak dimitigasi dengan segera maka akan mendorong hingga lebih dari 132 juta orang masuk ke dalam kemiskinan, 260 juta orang bermigrasi, dan mempengaruhi kualitas sumber daya manusia," bebernya.

Oleh sebab itu, transformasi dalam rangka mengatasi perubahan iklim harus dilakukan termasuk dalam lima sistem utama yaitu transportasi energi, pertanian, pangan dan penggunaan lahan.

“Itu karena infrastruktur perkotaan dan manufaktur menyumbang 90 persen dari emisi gas rumah kaca,” ujar Mari.

Direktur Pelaksana Pengembangan Kebijakan dan Kerja Sama World Bank Mari Elka Pangestu membeberkan ancaman terbesar petumbuhan ekonomi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close