Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

WWF Bali 2024, Pemprov Jateng Teken Kerja Sama dengan UNESCO-IHE Institute for Water Education

Kamis, 23 Mei 2024 – 17:22 WIB
WWF Bali 2024, Pemprov Jateng Teken Kerja Sama dengan UNESCO-IHE Institute for Water Education - JPNN.COM
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana seusai menandatangani kerja sama dengan Rektor UNESCO-IHE Institute For Water Education Netherlands di sela-sela WWF ke-10 di Bali, Kamis (23/5). Foto: Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, NUSA DUA - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) menandatangani Letter of Intent dengan UNESCO-IHE Institute for Water Education Netherlands di sela-sela forum World Water Forum (WWF) ke-10 di Nusa Dua Bali, Kamis (23/5).

Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana mengatakan kerja sama itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pegawai Pemprov Jateng dalam hal penanganan ataupun pengelolaan air.

"Pengelolaan air ini, khususnya terkait dengan permasalahan-permasalahan yang dihadapi, seperti banjir, rob, dan kekeringan,” kata Nana seusai melakukan penandatanganan.

Menurut Nana, kerja sama itu diperlukan karena hingga kini Jateng masih mengalami masalah pengelolaan air.

Masalah yang kerap terjadi antara lain banjir, kekeringan pada musim kemarau, hingga rob di pesisir pantai utara Jawa.

Pada musim kemarau 2023, sebanyak 32 kabupaten/kota dilaporkan mengalami kekeringan. Sehingga, Pemprov Jateng menyalurkan sebanyak 33.060.300 liter air bersih.

Nana sengaja memilih UNESCO-IHE Institute for Water Education sebagai mitra kerja sama, karena merupakan salah satu lembaga pendidikan sektor air internasional di bawah UNESCO dan Pemerintah Belanda.

Terlebih lagi, UNESCO-IHE terbukti telah memperkuat upaya-upaya yang dilakukan perguruan-perguruan tinggi dan pusat-pusat penelitian, dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga-tenaga profesional di sektor air.

Pemprov Jateng dan Rektor UNESCO-IHE Institute For Water Education Netherlands menandatangani kerja sama penanganan dan pengelolaan air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close