Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Yan Mandenas Gerindra Soroti Sejumlah Isu Termasuk Soal Rasialisme

Jumat, 12 Juni 2020 – 18:30 WIB
Yan Mandenas Gerindra Soroti Sejumlah Isu Termasuk Soal Rasialisme - JPNN.COM
Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Daerah Pemilihan Papua, Yan Mandenas bersalaman dengan Menteri Luar Negeri Retro P Marsudi beberapa waktu lalu. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Daerah Pemilihan Papua, Yan Mandenas menyoroti sejumlah isu di antaranya isu rasialisme.

Kasus terbaru, menurut Yan adalah kejadian yang diduga bernuasa SARA yakni kasus kematian warga berkulit hitam George Floyd di Amerika Serikat. Insiden tersebut, kata Yan, tentunya mengingatkan kita pada masalah rasisme yang terjadi terhadap mahasiswa Papua di Surabaya.

Dalam konteks di Papua, Yan Mandenas menilai pemerintah pusat sudah melakukan berbagai langkah dalam penyelesaian masalah rasisme. Namun, dia mengakui masih banyak masyarakat Papua khusus para mahasiswa belum tentu puas dengan langkah-langkah hukum yang sudah dilakukan terhadap pelaku rasialis.

“Tetapi, saya berpikir masih ada langkah hukum lanjutan jika menganggap putusan tersebut belum memuaskan maka dilanjutkan ke tahapan selanjutnya atas dasar Putusan Pengadilan sehingga benar-benar mendapatkan Putusan Hukum yang memuaskan masyarakat Papua,” kata Yan Mandenas dalam keterangan persnya, Jumat (12/6).

Politikus Partai Gerindra ini berharap kasus rasisme di Surabaya jangan dihubungkan dengan kasus yang menimpa George Floyd di USA. Pasalnya, konteksnya berbeda dari aspek kepentingan politik, sosial budaya dan ekonomi di negara maju seperti USA dibandingkan dengan Indonesia yang sedang membangun bangsa secara bersama dari Sabang sampai Merauke.

“Kita akui masih banyak oknum-oknum yang bertindak atas perilakunya sendiri,” ujarnya.

Lebih lanjut, Anggota Komisi I DPR yang membidang urusan pertahanan dan politik luar negeri ini mengajak seluruh komponen bangsa harus yakin bahwa negara kita didirikan atas landasan yang baik yakni melindunggi seluruh suku bangsa dan kekayaan budaya yang dimiliki oleh setiap daerah.

“Tujuan itu harus dijalankan sesuai semboyan negara yakni Bhinneka Tunggal Ika. Dalam semangat itu, negara harus menghargai kesamaan hak masyarakat Papua sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tegas Yan.

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Daerah Pemilihan Papua, Yan Mandenas menyoroti sejumlah isu di antaranya isu rasialisme.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close