Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Yepi Rogoh Kantong Sendiri, Ciptakan Kincir Listrik untuk Masyarakat

Rabu, 27 Juli 2016 – 00:18 WIB
Yepi Rogoh Kantong Sendiri, Ciptakan Kincir Listrik untuk Masyarakat - JPNN.COM
Yepi Hilala, sang penemu Kincir Listrik Tapadaa. Foto: Radar Gorontalo/JPNN.com

jpnn.com - YEPI Hilala, sang penemu Kincir Listrik Tapadaa. Kreasi inovatif yang dirintis sejak 2012 itu kini mampu menghasilkan aliran listrik berkekuatan 3.300 Watt. Niatnya tulus, semata dengan masyarakat di sekitarnya. 

Ayi Ilham, Radar Gorontalo 

TEMPAT beroperasinya Kincir Listrik milik dari Yepi Hilala, berlokasi di desa Tapadaa, kecamatan Suwawa Tengah Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. 

Untuk menuju ke tempat ini, diperlukan waktu sekitar 1,5 jam dengan kendaraan bermotor, dari pusat ibukota Provinsi Gorontalo. Selanjutnya harus berjalan kaki, atau menaiki motor trail, sekitar 300 meter, di pinggiran hutan kecil di kawasan tersebut.

Kunjungan silaturahmi Radar Gorontalo (Jawa Pos Group) bersama organisasi sosial dan lingkungan Pajeksan Yogyakarta, disambut Yepi Hilala dan keluarganya dengan hangat.

Dia menjelaskan satu persatu ikhwal penemuan Kincir Listrik, yang saat ini, banyak diklaim oknum-oknum tak bertanggung jawab. 

Ternyata, dari penuturan pria 39 tahun itu, inisiatif dirinya untuk membuat Kincir Listrik tersebut, semata-mata guna memanfatkan begitu banyaknya debit air yang dihasilkan dari sungai yang mengalir di sekitar ladangnya, untuk kebutuhan listrik. 

"Saya mulai merintisnya sekitar tahun 2012, dengan bahan dan peralatan sederhana, seperti papan, skrup, bout, as, dan pipa, serta menggunakan besi plat, yang fungsinya untuk menggerakan turbin, pada diameter kincir yang berukuran 1,5 meter,” terangnya.

YEPI Hilala, sang penemu Kincir Listrik Tapadaa. Kreasi inovatif yang dirintis sejak 2012 itu kini mampu menghasilkan aliran listrik berkekuatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close