Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Yupi Beri Solusi Jalani Adaptasi Kebiasaan Baru dengan Happy

Jumat, 28 Agustus 2020 – 03:16 WIB
Yupi Beri Solusi Jalani Adaptasi Kebiasaan Baru dengan Happy - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: Dok. Yupi

jpnn.com, JAKARTA - Menjalani Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) bukan hal mudah bagi keluarga, terutama saat menjaga protokol kesehatan (cuci tangan, pakai masker, jaga jarak, dan lain-lain).

Apalagi adaptasi terhadap kegiatan-kegiatan baru yang semuanya serba digital, salah satunya school from home lewat fasilitas internet.

Banyak orang tua yang cukup merasa kewalahan menjalani AKB ini. Beberapa aktivitas terasa baru bagi para orangtua, dan sebagian besar harus menjalaninya dengan proses yang tidak mereka sangka sebelumnya.

“Pada awal transisi reaksi-reaksi emosi seperti shock, denial (menyangkal), marah, cemas, takut, bingung, frustrasi, sedih, dan bahkan. Reaksi ini merupakan dampak dari perubahan yang tidak terduga, dan setiap orang memiliki cara serta strategi tersendiri untuk mengatasinya,” ujar Ita D. Azly, Psikolog Keluarga yang berpraktek di Jakarta.”

Solusi dari masalah ini sebenarnya adalah menjadikan aktivitas-aktivitas baru itu sebagai sebuah kebiasaan.

Yang penting adalah menjaga kesadaran untuk mau saling menjaga dan saling melindungi dalam menerapkan protokol kesehatan. Ditambah perasaan yang selalu happy dalam menjalani situasi seperti ini juga sangat penting karena perasaan happy dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh manusia.

Tetapi bagaimana caranya menjadikan aktivitas-aktivitas ini sebagai suatu kebiasaan? Membentuk perilaku dan membangun kebiasaan baru membutuhkan waktu.

“Dalam konsep psikologi dikenal dengan formula “21/90 rules”, artinya diperlukan waktu 21 hari untuk membentuk kebiasaan baru, dan 90 hari untuk mengubahnya menjadi gaya hidup,” lanjut Ita.

Menjalani Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) bukan hal mudah bagi keluarga, terutama saat menjaga protokol kesehatan (cuci tangan, pakai masker, jaga jarak, dan lain-lain).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close