Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Zainal Bay: Tiga Putra Terbaik Fakfak Telah Bekerja Membangun SDM di Tanah Papua

Rabu, 01 Mei 2024 – 17:11 WIB
Zainal Bay: Tiga Putra Terbaik Fakfak Telah Bekerja Membangun SDM di Tanah Papua - JPNN.COM
Drs. M. Ali Kastella, M.MT, salah satu dari tiga putra terbaik Fakfak, Provinsi Papua Barat. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi bagian penting dalam mewujudkan transformasi pembangunan.

Oleh karena itu, perlu menyiapkan SDM yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan serta potensi wilayah di Tanah Papua.

Hal tersebut disampaikan dijelaskan Tokoh Masyarakat Papua Barat Zainal Abidin Bay di Jakarta, Rabu (1/5/2025).

Menurut Zainal, kebutuhan dan tantangan pendidikan serta kesiapan SDM Papua dalam era 1980-an melahirkan generasi Papua tangguh di bidang Teknik (enginering) yang siap terjun langsung membangun Tanah Papua.

Hal tersebut juga sekaligus mempersiapkan generasi Papua menghadapi tantangan globalisasi secara lebih cermat, akurat dan detail.

“Untuk menjawab kebutuhan SDM Papua dan dalam rangka percepatan pembangunan Irian Jaya saat itu pada tanggal 7 Juli 1984, Bapak Izaac Hindom yang menjabat sebagai gubernur Irian Jaya mendirikan Akademik Teknik Pekerjaan Umum (ATPU) yang dalam sejarahnya menjadi cikal bakal lahirnya Universitas Sains dan Teknologi Jayapura,” ujar Zainal yang juga Wakil Ketua Majelis Rakyat Papua Barat 2014-2019.

Dalam perkembangannya, kata dia, tanggal 22 Juni 1991 di bawah pengelolaan Yayasan Bhineka Tunggal Ika (YBTI) serta dipimpin oleh Gubernur Irian Jaya yang juga merangkap sebagai ketua Yayasan Drs. Jacob Pattipi dan direktur akademik Drs. M. Ali Kastella, M.MT, ATPU berganti nama menjadi Akademik Teknik Jayapura (ATJ). Hal itu berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No: 1386/0/1991.

Lebih lanjut, Zainal mengatakan dalam era kepimpinan dwitunggal Drs. Jacob Pattipi dan Drs. M. Ali Kastella, M.MT seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat Papua terhadap tenaga keteknikan terutama pada jenjang strata satu, maka 4 tahun kemudian, tanggal 3 November 1995 ATJ berubah menjadi sekolah tinggi.

Tokoh masyarakat Papua Barat Zainal Abidin Bay mengatakan perlu menyiapkan SDM yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan serta potensi wilayah di Tanah Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close