Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Zainal Diduga Asep, Polisi yang Hilang saat Tsunami 2004, Ditemukan di RSJ Aceh

Minggu, 21 Maret 2021 – 02:10 WIB
Zainal Diduga Asep, Polisi yang Hilang saat Tsunami 2004, Ditemukan di RSJ Aceh - JPNN.COM
Zainal (baju merah marun), diduga polisi yang dikabarkan hilang saat tsunami Aceh 2004 dikunjungi rekannya di RSJ Aceh, Rabu (17/3/2021). (FOTO ANTARA/HO-Humas RSJ Aceh)

jpnn.com, BANDA ACEH - Tim disaster victim identification (DVI) Biddokes Polda Aceh tengah melakukan tes DNA terhadap pasien Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Banda Aceh yang kerap disapa Zainal, diduga anggota Polri yang hilang saat tsunami 2004 silam.

Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada melalui Kepala Bidang Dokkes Kombes Pol Arios Bismark didampingi Kabid Humas Kombes Pol Winardy mengatakan pengambilan sampel DNA terhadap pria diduga polisi dengan nama asli Asep, dilakukan melalui swap buccal.

"Selain sampel DNA, pemeriksaan juga dilakukan dengan mengambil sidik jari. Pemeriksaan tersebut untuk memastikan kalau Asep benar anggota Polri yang dinyatakan hilang saat tsunami menerjang Aceh pada 2004," kata Kombes Arios Bismark di Banda Aceh, Sabtu (20/3).

Selain DNA, tim Biddokkes juga sudah memeriksa fisik, seperti tanda lahir, spesimen wajah, dan tanda lainnya yang autentik.

Sementara itu, Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Aceh AKBP Wahyu Kuncoro mengatakan jajarannya telah memeriksa sidik jari untuk membantu mengetahui identitas Asep.

"Sidik jari yang bersangkutan sudah diambil. Sidik jari merupakan bukti identitas yang kuat. Selanjutnya, sidik jari itu akan dicocokkan," kata Wahyu.

Sebelumnya beredar informasi di media sosial bahwa anggota Polri yang ditugaskan ke Aceh bernama Asep dengan pangkat ajun brigadir polisi (Abrip) yang dilaporkan hilang saat tsunami, ditemukan di RSJ Banda Aceh.

Asep merupakan anggota pasukan bawah kendali operasi Brimob Resimen II Kedung Halang Bogor, bertugas di Poskotis Brimob Peukan Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar pada 2004. Poskotis tersebut rata dengan tanah setelah disapu tsunami.

Zainal yang diduga polisi bernama Asep tengah dilakukan tes DNA oleh Polda Aceh untuk pembuktian kebenaran identitasnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close