Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Prabowo-Hatta 44,9 Persen, Jokowi-JK 40,1 Persen

Elektabilitas Capres-Cawapres Hasil Survei SPIN

Kamis, 05 Juni 2014 – 11:24 WIB
Prabowo-Hatta 44,9 Persen, Jokowi-JK 40,1 Persen - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto - Hatta Rajasa, terus meningkat pasca-Deklarasi Damai 3 Juni 2014 lalu yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal itu diketahui dari hasil survei Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) yang dipublikasikan, Kamis (5/6).

"Berdasarkan hasil Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) yang melakukan jejak pendapat via telepon pada 1 – 4  Juni 2014,  Prabowo-Hatta mendapat perolehan suara 44,9 persen,"  kata Direktur Eksekutif SPIN, Igor Dirgantara dalam Public Expose di Jakarta, Kamis (5/6/2014).

Elektabilitas pasangan yang diusung Partai Gerindra, PAN, PPP, PKS, Golkar dan PBB ini meninggalkan duet Joko Widodo-Jusuf Kalla. Dalam survei ini, elektabilitas Jokowi-JK hanya 40,1 persen.

"Sedangkan responden yang menjawab tidak tahu masih ada sebesar 15 persen," kata Igor.

Dijelaskan Igor, Prabowo menerima banyak pujian usai menyampaikan pidato pada acara Deklarasi Pemilu Presiden 2014 Berintegritas dan Damai yang diselenggarakan KPU.

Menurutnya, perpaduan kandidat presiden yang berlatar belakang militer - Jawa dengan wapres dari kalangan sipil - luar Jawa, ternyata masih menjadi primadona masyarakat, yaitu 43,7 persen. Hal ini unggul dibanding kombinasi capres sipil - Jawa dengan wapres sipil-non Jawa, yang hanya 41,3 persen.

Igor menambahkan tren kenaikan tingkat keterpilihan pasangan Prabowo-Hatta equivalen dengan ketidakpercayaan publik terhadap isu negatif Prabowo yang selama ini dicitrakan sebagai sosok pemarah dan emosional.

JAKARTA - Elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto - Hatta Rajasa, terus meningkat pasca-Deklarasi Damai 3 Juni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close