Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kecewakan Mega, Jokowi Bisa Bernasib Seperti SBY

Jumat, 12 Februari 2016 – 04:22 WIB
Kecewakan Mega, Jokowi Bisa Bernasib Seperti SBY - JPNN.COM
Menteri BUMN Rini Soemarno

jpnn.com - JAKARTA - Hubungan PDI Perjuangan dengan Presiden Joko Widodo dinilai bakal kembali renggang. Pasalnya, Jokowi menolak permintaan PDIP untuk mencopot Menteri BUMN Rini Soemarno.

Pakar politik dari Universitas Indonesia Maswadi Rauf menilai, sikap PDIP terhadap Rini sudah sangat jelas disuarakan sang Ketua Umum Megawati Soekarnoputri saat berpidato di acara Rakernas bulan Januari lalu. Karenannya, dia tak akan heran jika partai pemenang pemilu legislatif itu marah kepada Jokowi karena menolak usir Rini dari kabinet.

"Kelihatannya bisa begitu (kembali renggang). Karena sikap Mega ke Rini kan sudah jelas," ungkap pakar politik dari Universitas Indonesia Maswadi Rauf, Kamis (11/2).

Dalam amatan Maswadi, Megawati Soekarnoputri adalah sosok yang sulit mengubah sikap terhadap seseorang. Jika sudah kesal, akan bertahan lama. Contohnya hubungan Mega dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhono selama 11 tahun terakhir dalam situasi perang dingin.

Tapi, Jokowi justru memperlihatkan begitu percaya kepada Rini. Selain surat penolakan ke Pansus Pelindo II, sikap Jokowi mempertahankan Rini juga dapat dilihat dari dukungannya ke proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang dikerjakan Rini. Walau proyek itu menuai kontroversi, banyak yang protes, Jokowi tetap mendukung Rini.

"Jokowi memang tidak mengatakan apa-apa. Tapi, dengan dukungannya ke proyek kereta cepat memperlihatkan bahwa dia sangat percaya Rini. Dia memperlihatkan Rini adalah orang yang tepat. Inilah gaya Jokowi untuk membantah. Sikap Jokowi ini jelas akan membuat Mega dan PDIP kecewa," jelas Maswadi. (zul/dil/jpnn)

JAKARTA - Hubungan PDI Perjuangan dengan Presiden Joko Widodo dinilai bakal kembali renggang. Pasalnya, Jokowi menolak permintaan PDIP untuk mencopot

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close