12 Daerah Rawan Calo CPNS

Senin, 15 November 2010 – 00:51 WIB

JAKARTA-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tak ingin kecolongan lagi dengan beroperasinya para calo CPNSPasalnya, pada 2009 ada 12 kabupaten/kota yang tersebar di empat provinsi ditemukan percaloan CPNS

BACA JUGA: Yakin Perwira Tak Tersentuh

Karenanya untuk seleksi CPNS 2010 yang dimulai November ini, Menteri Negara PAN&RB EE Mangindaan mewarning pada seluruh daerah agar menghindari praktik percaloan.

"Mudah-mudahan tahun ini tidak ada percaloan
Sebab yang rugi nanti daerah sendiri

BACA JUGA: Hukuman Gayus Harus Lebihi Teroris

Selain itu saya harus menurunkan tim yang besar ke daerah untuk investigasi sementara dananya tidak ada," kata Mangindaan dalam konpres di Kantor Kementerian PAN&RB, Jumat (12/11).

Mengapa rugi? Menurut mantan gubernur Sulut ini karena pihaknya tidak akan mengangkat CPNS yang bermasalah
Dan itu telah dibuktikan dengan tidak diangkatnya CPNS di 12 kabupaten/kota tersebut.
"Kasihan daerah sudah capek-capek mengurus formasi terpaksa kita anulir gara-gara praktik calo

BACA JUGA: Giliran BPK Soroti Kinerja Muhaimin

Tahun lalu ada 12 kabupaten/kota di lima provinsi yaitu Sulut, Sumut, Jatim, dan Jateng yang sebagian besar CPNS bermasalahnya kita tidak proses SK NIP-nyaPaling besar kecurangannya di Nias, Tuban, Kotamobagu, dan beberapa daerah di Jateng serta Jatim," bebernya.

Lebih lanjut dikatakan, dari hasil penelusuran tim Kementerian PAN&RB bekerja sama dengan Kepolisian, 12 kab/kota tersebut  sebagian besar melakukan kecuranganHanya sebagian kecil yang  murni (disesuaikan dengan hasil tes).

"Saya ambil kebijakan yang lulus murni itu yang diproses NIP-nya, sedangkan yang tidak murni dianulirKarena itu saya imbau seluruh penyelenggara seleksi CPNS tolong diseriusi masalah iniKami juga imbau masyarakat untuk mengontrol pelaksanaan CPNS, jika ada kecurangan laporkan ke polisi atau pusatKalau ada bukti penyimpangan, saya tidak segan-segan menganulirnya," tegasnya(Esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ito Sempat Perintahkan Tembak Gayus


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler