15 Manfaat Mengonsumsi Kacang Mete

Selasa, 02 April 2019 – 23:32 WIB
Kacang mete. Foto: Allodokter

jpnn.com, JAKARTA - Kacang mete aslinya berasal dari timur laut Brasil. Kacang ini sering kali kita temukan sebagai campuran coklat, dipanggang untuk dimakan begitu saja, atau dijadikan bahan makanan dan ternyata, kacang mete sangatlah bergizi, bahkan bisa memberikan asupan energi yang besar pada tubuh.

Kacang yang diambil dari buah jambu mete alias jambu monyet ini mengandung air, energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, thiamin, riboflavin, niacin, beta-karoten, dan retinol. Meskipun kacang mete merupakan salah satu jenis kacang dengan kandungan serat terendah, janganlah sekali-sekali meremehkan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidannya.

BACA JUGA: Ladies, Jangan Lupa Pap Smear Cegah Kanker Serviks

Banyak studi yang mengasosiasikan manfaat kacang mete dengan penurunan risiko berbagai macam penyakit dan peningkatan kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat kacang mete yang bisa Anda dapatkan, seperti dilansir laman Stylecraze.

1. Mencegah Kanker

BACA JUGA: Ini Berbagai Kiat untuk Mencegah Kanker

Proanthocyanidins adalah kelas flavonol yang melawan sel-sel tumor dengan menghentikan mereka untuk membelah lebih lanjut. Proanthocyanidins dan kandungan tembaga tinggi dalam kacang mete membantu melawan sel kanker dan membuat Anda jauh dari kanker usus besar. Ini adalah salah satu manfaat utama kacang mete.

2. Jantung Sehat

BACA JUGA: Kaya akan Mineral, Jus Kubis Bisa Cegah Risiko Kanker

Kacang mete mengandung kadar lemak rendah jika dibandingkan dengan kacang lainnya dan itu juga dalam bentuk asam oleat yang sangat sehat untuk jantung. Mereka bebas kolesterol dan antioksidan yang terdapat didalamnya bisa menjauhkan Anda dari penyakit jantung.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kacang mete menurunkan tekanan darah Anda dengan magnesium yang terkandung didalamnya.

4. Membantu Menjaga Rambut Tetap Hitam

Tembaga adalah mineral yang membantu rambut Anda mendapatkan warna itu. Jadi jika Anda mengonsumsi kacang mete yang penuh dengan konten tembaga, Anda bisa mendapatkan rambut hitam yang selalu Anda inginkan.

5. Tulang Sehat

Seperti kalsium, magnesium juga penting untuk kesehatan tulang yang merupakan kandungan utama dalam kacang mete.

6. Saraf Sehat

Magnesium disimpan pada permukaan tulang yang mencegah kalsium memasuki sel-sel saraf dan dengan demikian membuat pembuluh darah dan otot tetap rileks. Jumlah magnesium yang tidak cukup bisa menyebabkan kalsium memasuki pembuluh darah yang menyebabkan mereka berkontraksi. Ini juga menyebabkan tekanan darah tinggi, sakit kepala migrain dll.

7. Mencegah Batu Empedu

Asupan kacang mete harian bisa mengurangi risiko pengembangan batu empedu hingga 25 persen.

8. Membantu Penurunan Berat Badan

Meskipun kacang mete dianggap sebagai lemak, ia mengandung kolesterol baik. Jadi bertentangan dengan kepercayaan populer, mereka yang makan kacang mete setidaknya dua kali seminggu mengalami kenaikan berat badan lebih sedikit jika dibandingkan dengan mereka yang makan lebih sedikit.

9. Anti-oksidan

Selenium, tembaga, magnesium dll, bertindak sebagai faktor pendamping bagi banyak enzim.

10. Membantu Pencernaan

Kacang mete membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan, sintesis dan pencernaan asam nukleat.

11. Kaya Vitamin

Kacang mete kaya akan vitamin seperti riboflavin, asam pantotenat, tiamin, niasin, dll. Vitamin ini membuat Anda aman dari anemia sideroblastik, pellagra, dll.

12. Gusi Dan Gigi Sehat

Seperti disebutkan sebelumnya, magnesium yang terkandung dalam kacang mete sangat baik untuk tulang. Jadi itu memberikan gigi yang sehat serta gusi yang kuat.

13. Tidur yang Menyenangkan

Setelah menopause, kacang mete bisa memberikan Anda tidur nyenyak dan nyaman di malam hari.

14. Radikal Bebas

Kacang mete membantu tubuh kita memanfaatkan zat besi dengan baik dan menghilangkan radikal bebas yang menyebabkan masalah kesehatan.

15. Degenerasi Makula

Kacang mete memiliki kemampuan untuk menyaring sinar UV matahari dan melindungi Anda dari degenerasi makula.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jangan Dibuang, Biji Pepaya Ternyata Bisa Cegah Kanker


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler